BPSDMP Kominfo Manado Latih 60 Guru Minsel Ikut Pelatihan DTS Aplikasi Perkantoran dan Desain Grafis - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

BPSDMP Kominfo Manado Latih 60 Guru Minsel Ikut Pelatihan DTS Aplikasi Perkantoran dan Desain Grafis

BPSDMP Kominfo Manado latih 60 guru di Kabupaten Minsel dengan kemampuan aplikasi perkantoran dan desain grafis. (Foto: Sulut24/Simon Manorek)

Sulut24.com, MINSEL - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP Kominfo) Manado bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Selatan (Minsel) melaksanakan kegiatan pelatihan Digital Talent Scholarship (DTS) Thematic Academy (TA), di SMPN 1 Amurang, mulai tanggal 24 hingga 26 Juli 2023.

Melalui kegiatan pelatihan dasar ini, BPSDMP Kominfo Manado selama tiga hari berturut-turut melatih dan membekali 60 tenaga guru pilihan jenjang SD dan SMP di Kabupaten Minsel.

Para peserta dibagi dalam dua kelas, yakni kelas pelatihan aplikasi perkantoran untuk Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), serta kelas desain grafis.

Kegiatan pelatihan ini dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Minsel Pdt. Petra Yani Rembang, M.Th. 

Dalam laporannya Plt. Kepala BPSDMP Kominfo Manado Arsyad, S.Kom, M.Ikom mengatakan, memasuki era revolusi industri 4.0 dan transformasi digital, Indonesia membutuhkan banyak talenta digital. 

"Tak tanggung-tanggung jumlahnya mencapai sekitar 9 juta talenta digital untuk 15 tahun kedepan. Artinya, dibutuhkan setidaknya 600 ribu talenta digital setiap tahunnya untuk memenuhi kebutuhan industri yang terus berkembang," ungkap Arsyad.

Menjawab kebutuhan tersebut, lanjut Magister Ilmu Komunikasi ini, DTS hadir untuk mempersiapkan SDM masa kini menjadi talenta digital andal di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk mendukung transformasi digital dan peningkatan ekonomi digital Indonesia menuju Industri 4.0 dan Indonesia Emas 2045 mendatang.

"DTS merupakan wadah beasiswa, pelatihan talenta digital yang merupakan program prioritas dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Ini untuk yang ketiga kalinya kami melaksanakan pelatihan di Kabupaten Minsel, dan kali ini kami menggelar pelatihan aplikasi perkantoran dan desain grafis untuk GTK," pungkas Arsyad.

Sementara itu, Wabup Minsel Pdt. Petra Yani Rembang, M.Th dalam sambutannya mengatakan, GTK saat ini dituntut untuk terus meningkatkan skill dan kompetensi, apalagi Indonesia saat ini memasuki revolusi industri 4.0.

"Pemerintah telah mencanangkan transformasi digital nasional dan kunci transformasi digital adalah menyiapkan SDM termasuk di dalamnya GTK yang berkompeten, berdaya saing, dan mampu menghadapi transformasi digital," tutur pejabat publik yang akrab disapa PYR ini.

Karena itu, Pemkab Minsel sangat mendukung dan siap bersinergi dengan BPSDMP Kominfo Manado terkait pelaksanaan kegiatan pelatihan DTS ini. Pasalnya, program DTS ini dinilai punya nilai tambah yang sangat besar bagi  GTK di daerah ini.

"Bahkan, ini sudah menjadi kebutuhan bagi kemajuan dunia pendidikan di Kabupaten Minsel. Ini peluang besar yang harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk menjawab kebutuhan dan tantangan transformasi digital," kunci mantan Wakil Ketua Badan Pekerja Majelis Sinode (BPMS) GMIM Bidang Pengembangan Sumber Daya (PSD) ini.

Pelatihan Digital Talent Scholarship (DTS) Thematic Academy (TA) ini, digelar di SMPN 1 Amurang, mulai tanggal 24 hingga 26 Juli 2023. (Foto: Sulut24/Simon Manorek)

Usai membawakan sambutan, Wabup PYR kemudian dengan resmi membuka kegiatan pelatihan tersebut yang ditandai dengan penyematan name tag/ID Card kepada dua perwakilan guru.

Setelah sesi foto bersama, para peserta kemudian masuk ke dalam ruangan kelas untuk menerima materi pelatihan. 

Kepala BPSDMP Kominfo Manado Arsyad, S.Kom, M.IKom ikut turun langsung memandu 30 guru yang mengikuti pelatihan aplikasi perkantoran. 

Sementara 30 guru yang memilih pelatihan desain grafis, dibimbing oleh Irfan Suhanta dari BPSDMP Kominfo Manado.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Plt. Kepala Dinas (Kadis) Kominfo Minsel yang juga Kabag Tata Pemerintahan Setdakab Minsel Tusrianto Rumengan, S.STP, M.Si didampingi Kabid Infrastruktur dan Aplikasi Fransiscus Xaverius Kameubun, S.TP, M.Si.

Hadir pula, Asisten Administrasi Umum Setdakab Minsel yang juga Plt. Kadis Pendidikan dan Kebudayan Minsel Arthur Donald Tumipa, M.Ed didampingi Kabid Dikdas Marthen Wonseke, S.Pd, M.Pd dan Kasie Kurikulum Mariana E.O Paath, SP. (Simon)