Daerah Pemilihan 1 Disebut " Dapil Neraka" PDI Perjuangan Pasang Bacaleg Petarung dan Potensial - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Daerah Pemilihan 1 Disebut " Dapil Neraka" PDI Perjuangan Pasang Bacaleg Petarung dan Potensial

Caleg dapil I Kabupaten Minahasa Utara (Foto: Ist)

Sulut24.com, MINUT - Pemilihan Legislatif (Pileg) digelar Februari 2024. Partai Politik (Parpol) telah mengusung nama-nama "pendekarnya" yang akan berlaga di palagan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Sementara itu daerah pemilihan satu disebut-sebut sebagai 'dapil neraka' mengingat persaingannya yang paling sengit pada dua pemilu sebelumnya. Daerah ini meliputi Kecamatan Airmadidi dan Kalawat.

Partai Nasional Demokrat (NasDem) pada Pilcaleg DPRD Minahasa Utara khususnya di daerah pemilihan satu (Airmadidi-Kalawat) telah mengutus 8 bakal calon legislatif.

Diantaranya ada nama Djafar Efendi Moha, Fredrik Uce Runtuwene, Esterella Tacoh dan Yulfine Corry Salindeho.

Keempat Bacaleg dikenal potensial yang diharapkan partai NasDem bisa meraih 2 kursi DPRD Minut dapil satu.

Bendahara DPD Partai NasDem Novel Lotulong menjelaskan NasDem layak meraih 2 kursi karena kandidat yang diusung adalah figur berpengalaman dan matang di dunia politik. 

"Kita harus yakin, harus optimistis bisa raih 2 kursi di dapil 1. Bukan hanya 1 atau 2 kursi, kalau bisa sebanyak-banyaknya kan lebih baik," kata Lotulung Jumat (14/7/2023).

Sementara itu PDI Perjuangan dianggap partai paling siap meraup kursi terbanyak di dapil 1 (satu).

Bacaleg yang diusung PDI Perjuangan semuanya adalah Bacaleg 'petarung' dan potensial.

Mengutif pernyataan Ketua DPC PDI Perjuangan Minahasa Utara Denny Kamlon Lolong dimana untuk dapil satu, PDI Perjuangan telah menargetkan 4 sampai 5 kursi.

"Kami mengusung calon petarung dan potensial maksudnya adalah calon yang memiliki basis massa yang jelas dan berpeluang untuk meraih kursi," ungkap Denny K. Lolong.

Menurutnya PDI Perjuangan optimis untuk bisa mengulang kemenangan Pemilu 2019 yang lalu.

Bahkan, kata Delon, potensi untuk meraih 4 sampai 5 kursi di dapil 1 (Airmadidi- Kalawat) terbuka lebar lantaran figur yang akan bertarung adalah mereka yang berpengalaman dalam politik.

"Semua kader memiliki peluang yang sama untuk meraih kursi. Tinggal bagaimana memaksimalkan kekuatan mesin politik karena kalau bicara individu mereka punya kekuatan individu," kata Delon.

Nama-nama Bacaleg Dapil 1 Minut (Airmadidi Kalawat)

1. Denny Kamlon Lolong

2. Betsy Sambuaga

3. Novi Paulus

4. Jerry Umboh

5. Denny Wowiling

6. Stella Nona Rimporok

7. Nontje Maramis

8. Agustinus Koba Kalengkongan

Sementara itu partai golkar masih menyimpan amunisi. Ada dua petahana yang maju bertarung dalam Pileg 2024 yakni Joseph Dengah dan Olivia Mantiri.

Bacaleg Partai Demokrat ada Stendy S. Rondonuwu yang saat ini juga Petahana.

Sementara itu bacaleg yang ingin memenangkan pemilu saat ini terus memanfaatkan waktu yang kian sempit ini untuk bertemu langsung dengan masyarakat dalam rangka meraih simpati pemilih.

"Strategi untuk memenangkan pemilu khususnya petahana jauh lebih mudah. Petahana tinggal melanjutkan program yang ada, lalu menawarkan program apa ke depannya. Sementara bagi pendatang baru strateginya adalah bagaimana mereka bisa berkontribusi lebih besar dibanding anggota DPRD Minut sebelumnya. Intinya semua berpeluang meraih kursi di DPRD Minut," ujar Aktivis Minut Johan Awuy.

Sementara itu hasil Pileg 2019 Dapil 1 (Airmadidi-Kalawat)

PDI Perjuangan : 

1. Novi Paulus (PDIP/3.053 suara)

2. Denny Lolong (PDIP/2.301 suara) 

3. Jerry Umboh (PDIP/2.170 suara) 

Partai Golkar :

1. Joseph Dengah (Golkar/1.835 suara) 

2. Olivia Mantiri (Golkar/1.342 suara) 

Partai Demokrat :

1. Stendy Rondonuwu (Demokrat/2.464 suara) 

Partai Nasdem :

1. Frederiek Runtuwene (NasDem/1.208 suara) 

2.Shintia Rumumpe (NasDem/2.391 suara)

Partai Bulan Bintang.

1. Azhar (PBB/1.421 suara)

(Joyke).