Edwien Stenlie Kambey : Pileg 2024, Rakyat Harus Kritis Dan Selektif Pilih Wakil Rakyat Berkualitas - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Edwien Stenlie Kambey : Pileg 2024, Rakyat Harus Kritis Dan Selektif Pilih Wakil Rakyat Berkualitas

Edwien Stenlie Kambey S.IP. (Foto: Ist)

Sulut24.com, MINUT - Pemilihan Legislatif (pileg) memunculkan banyak figur di tengah masyarakat untuk dipilih sebagai wakil rakyat yang duduk di parlemen. Baik tingkat DPR , DPRD provinsi, hingga DPRD kabupaten/kota.

Masyarakat tak ingin kesalahan memilih figur pada pileg 2019 lalu terulang di pileg 2024. 

Salah satu Politisi PDI Perjuangan Edwien Stenlie Kambey mengatakan masyarakat sebenarnya punya peran besar untuk kritis dan selektif dalam memilih wakil mereka. 

Dengan menjadi masyarakat yang kritis dan selektif, diharapkan wakil rakyat yang terpilih adalah benar-benar insan yang mampu dan mau berjuang untuk kepentingan masyarakat.

Edwien S. Kambey yang juga anggota DPRD Minut ini menjelaskan salah satu indikasi rendahnya kepercayaan rakyat terhadap lembaga DPR/DPRD diantaranya juga karena rakyat salah memilih wakil rakyatnya yang tidak berkualitas.

Menurutnya sangat disayangkan rakyat tau bahwa wakil rakyatnya tidak berkualitas, namun tetap dipilih karena mungkin materi atau finansialnya banyak.

Masyarakat pemilih harus cerdas. Jangan memilih berdasarkan politik uang. Harus pilih wakil rakyat yang berkualitas yang bisa berjuang untuk kepentingan rakyat.

Selain itu juga jangan disalahkan lembaga DPRDnya. Tetapi oknum wakil rakyatnya yang memang ketika terpilih mungkin hanya datang, duduk dan diam.

Menurut Edwien Kambey ketika kualitas wakil rakyat baik maka produk dan kebijakan yang dihasilkan bisa baik juga untuk kesejahteraan rakyat.

"Oleh karena itu, kita berharap semua orang harus memahami terkait pesta demokrasi ini, sehingga dia mampu memberikan pilihannya atau menjatuhkan pilihannya secara cerdas, rasional dan bijak. Tidak golput dan tidak terpengaruh dengan politik uang,” ujarnya.

“Sehingga, masyarakat dapat memilih wakil rakyatnya benar-benar mereka yang sudah teruji dalam perjalanan karir politik dan lain sebagainya.” tutup Edwien Kambey. (Joyke)