Legislator Minut Malas Masuk Kantor Tak Usah Dipilih, BK Dilabel "Macan Ompong" - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Legislator Minut Malas Masuk Kantor Tak Usah Dipilih, BK Dilabel "Macan Ompong"

Ketua BK DPRD Minut Paultje Sundah (Foto: Ist)

Sulut24.com, MINUT - Aktivis Minut Noldy Johan Awuy mengajak rakyat Minut untuk tidak memilih lagi anggota DPRD Minut yang malas masuk kantor.

Awuy menyebut legislator malas ikut rapat dan maju kembali menjadi Calon Legislatif (Caleg) tidak usah dipilih pada Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif bulan Februari 2024.

"Sebaiknya Badan Kehormatan DPRD Minut membuka secara transparan nama-nama yang malas mengikuti rapat-rapat termasuk rapat paripurna, agar publik tahu kinerja mereka dan tidak memilihnya kembali nanti saat pemilihan," ujar Awuy.

Menurut dia, momentum diakhir tahun 2023 sangat tepat untuk mengevaluasi anggota DPRD Minut yang malas ikut rapat.

Badan Kehormatan (BK) mesti mempublikasikan secara utuh siapa saja yang malas mengikuti rapat dan alat kelengkapan dewan lainnya.

Padahal, mereka digaji untuk menjalankan aspirasi rakyat melalui rapat-rapatnya dalam hal pembentukan Peraturan Daerah mengawasi dan mengontrol pemerintah serta memberikan anggaran atau budgeting kepada pemerintah untuk kesejahteraan rakyat.

Selain itu, bagi legislator yang malas mengikuti rapat tentu menjadi preseden buruk dan titik awal mengkorupsi waktu sehingga dinilai mengabaikan tugas dan fungsinya sebagai perwakilan rakyat telah dimandatkan kepadanya.

"Tentunya ini bisa menjadi citra buruk bagi mereka. Saya kira pekerjaan rumah yang cukup berat agar dapat mengembalikan marwah DPRD sebagai institusi terhormat. Bila itu dibiarkan masyarakat tidak akan percaya lagi dewan sebagai keterwakilan mereka," tambahnya.

Sementara itu Ketua Badan Kehormatan DPRD Minahasa Utara Paultje Sundah enggan membeberkan data anggota DPRD Minut yang malas masuk kantor.

"Ngoni wartawan cek sendirijo di Sekretariat Dewan. Sapa-sapa nama anggota dewan yang malas masuk kantor," kata Paultje Sundah.

Sementara itu berdasarkan data diperoleh nama-nama anggota DPRD Minut yang rendah tingkat kehadirannya mengikuti rapat paripurna sepanjang tahun 2023 yakni Stevano Pangkarego dari Fraksi Demokrat dan Ennike Marasi dari Fraksi Gerindra. (Joyke)