Likupang Tourism Festival 2023 Dorong Destinasi Pariwisata Super Prioritas Semakin Dikenal - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Likupang Tourism Festival 2023 Dorong Destinasi Pariwisata Super Prioritas Semakin Dikenal

Likupang Tourism Festival 2023 dorong destinasi pariwisata super prioritas semakin dikenal (Foto: Ist)

Sulut24.com, MINUT - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) merilis Karisma Nusantara (KEN) dari 34 provinsi di seluruh Indonesia. Pada Juli ini, salah satu event KEN yang akan diselenggarakan adalah Likupang Tourism Festival (LTF) 2023. 

Event yang akan diadakan pada 29-31 Juli ini ketiga kalinya diselenggarakan. LTF 2023 diinisiasi oleh Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara.

“Likupang Tourism Festival 2023 adalah kegiatan tahun ketiga. Iven terbilang akbar ini akan menyajikan berbagai kegiatan yang tentunya menghibur rakyat sekaligus mempromosikan KEK Likupang sebagai wilayah destinasi wisata di Indonesia,"  ujar Ketua Umum Panitia LTF tahun 2023 Kristi Karla Arina.

LTF 2023 digelar di 1 venue yang lokasinya tepat di Pantai Paal yang saat ini menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Likupang.

Menurutnya pelaksanaan LTF tahun 2023 ini akan lebih meriah lagi karena ada pergelaran seni dan budaya.

“Kegiatan LTF tahun 2023 ini tentunya lebih meriah lagi karena menghadirkan lomba yang diikuti oleh masyarakat dan komunitas, seperti lomba perahu hias, lomba batobo,  bakar ikan dan jagung terpanjang,  lomba kesenian, dan lomba kebudayaan, ” jelas Srikandi Minut ini.

Selain kegiatan lomba dan kesenian, LTF 2023 juga menjadi kesempatan para pelaku UMKM di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif untuk terlibat aktif.

Pameran di LTF akan membuka kesempatan untuk pelaku industri kuliner, kriya, dan fashion untuk memperkenalkan produk mereka. 

“Acara ini mengutamakan pameran kuliner, kriya, dan fashion khas dari Minahasa Utara. Untuk kuliner, kami ingin memperkenalkan makanan dan cemilan. Untuk kriya, kami ingin memperkenalkan produk kerajinan dari limbah dari turunan buah kelapa, mulai dari sabut hingga tempurung, dalam bentuk souvenir. Ada juga fashion show dari brand lokal. Tujuannya agar produk-produk masyarakat lebih dikenal dan mempromosikan pariwisata Likupang,” imbuh Kristi Arina. 

Istri dari Wakil Bupati Minut ini mengaku sangat siap untuk menyelenggarakan LTF 2023.

"Kami berkaca pada pelaksanaan tahun lalu ketika antusiasme masyarakat sangat besar. Jadi, tahun ini kami berharap pengunjung yang datang lebih banyak lagi," ujar Kristi sapaan akrab.

Menurutnya pelaksanaan LTF diharapkan bisa menjadi wadah untuk mempromosikan Likupang agar semakin dikenal. Dampaknya dapat membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat lokal dan menyebarluaskan tentang keunikan pariwisata di Likupang, seperti potensi wisata bahari dengan taman laut dan budaya lokal yang unik. 

“Kami sangat optimistis bahwa kegiatan ini akan menjadi hebat demi pengembangan pariwisata di Likupang sebagai satu dari Lima Destinasi Super Prioritas," tutup Ketua PMI Minut ini. (Joyke)