Pimpin Upacara Hari Bhayangkara ke-77, Kapolres Minsel Bacakan Amanat Presiden Jokowi - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Pimpin Upacara Hari Bhayangkara ke-77, Kapolres Minsel Bacakan Amanat Presiden Jokowi

Kapolres bersama Bupati dan Wabup Minsel foto bareng jajaran Forkopimda, PJU dan para kapolsek. (Foto: Sulut24/Simon Manorek)

Sulut24.com, MINSEL – Kapolres Minahasa Selatan (Minsel) AKBP Feri Renaldo Sitorus, SIK, MH memimpin upacara Hari Bhayangkari ke-77 yang digelar di halaman Kantor Bupati Minsel, Kelurahan Pondang, Kecamatan Amurang Timur, Sabtu (01/07/2023) pagi. 

Bertindak selaku Komandan Upacara (Dan Up), Iptu Kurt Eras Mangindaan.

Upacara ini dihadiri Bupati Minsel Franky Donny Wongkar, SH didampingi Wakil Bupati (Wabup) Pdt. Petra Yani Rembang, M.Th, beserta jajaran Forkopimda Kabupaten Minsel.

Jajaran Forkopimda Minsel yang hadir yakni Komandan Kodim (Dandim) 1302/Minahasa Letkol Inf. Mutakbir, Komandan Sekolah Calon Bintara (Dansecaba) Rindam XIII/Merdeka Letkol Inf. Reyner Wajong, SH, M.Han, dan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Minsel La Ode Muhammad Nusrim, SH, MH.

Hadir pula Ketua Bhayangkari Cabang Minsel Ny. Sally F. Sitorus, Wakil Ketua Bhayangkari Cabang Minsel Ny. Via Fadli, Pejabat Utama (PJU) Polres Minsel, para kapolsek, pejabat teras Pemkab Minsel, Kepala Lapas Kelas III Amurang Fentje Mamirahi, S.Pd, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Adapun peserta upacara terdiri dari personel gabungan TNI-Polri, Sat Pol PP, Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Kepolisian Khusus Pemasyarakatan (Polsuspas), Panji Yosua, Pramuka, dan unsur Satuan Pengamanan (Satpam).

Kapolres Minsel AKBP Feri R. Sitorus, SIK, MH pada kesempatan itu membacakan amanat Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).


Bertindak selaku Inspektur Upacara, Kapolres Minsel AKBP Feri R. Sitorus, SIK, MH membacakan amanat Presiden Jokowi. (Foto: Sulut24/Simon Manorek)

Dalam amanatnya, Presiden Jokowi mengingatkan bahwa setiap saat anggota Polri bersentuhan dengan rakyat. 

Ditegaskannya, Polri harus melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat. Polri juga diawasi oleh rakyat. Karena itu, harus hati-hati karena sekarang ini segala sesuatu bisa direkam, dan bisa disebarluaskan. 

"Gerak-gerik Polri sekecil apapun tidak bisa ditutup-tutupi lagi. Kepercayaan terhadap Polri selalu diuji, seberapa tinggi tingkat kepercayaan rakyat, dan seberapa tinggi kepuasan rakyat menjadi hal yang penting," kata Presiden Jokowi sebagaimana dikutip oleh Kapolres Minsel.

Pada bagian amanatnya, Presiden Jokowi mengaku senang di momen HUT Bhayangkara kali ini tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Polri yang di awal tahun 2023 sekitar 60 persen, saat ini sudah naik menjadi di atas 70 persen.

"Ini perkembangan baik, tapi harus terus ditingkatkan. Polri harus terus memperbaiki diri, berbenah diri dan melakukan reformasi-reformasi di segala lininya," tegasnya.

Kepala Negara mengingatkan pula, tantangan yang dihadapi Polri kedepan semakin berat, tidak semakin ringan. Masalah kamtibmas harus dikawal ketat, penanganan isu-isu juga harus dikawal cepat.

Program prioritas nasional dan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), lanjutnya, harus dikawal secara serius. Kualitas layanan harus ditingkatkan, dan kejahatan dengan teknologi canggih harus diantisipasi. 

"Semua ini butuh kesigapan dan kecepatan. Butuh penguasaan teknologi dan inovasi. Butuh komunikasi publik yang baik," tandas Presiden Jokowi.

Di akhir amanatnya Presiden Jokowi mengimbau, jadilah Bhayangkara sejati yang mengabdi tanpa henti kepada masyarakat, bangsa, dan negara untuk kemajuan Indonesia.

Usai upacara, Polisi Cilik (Pocil) SD Negeri 2 Amurang binaan Polres Minsel yang pernah meraih juara 1 lomba Pocil jajaran Polda Sulut pada tahun 2022 lalu, tampil unjuk kebolehan di hadapan peserta upacara.

Polres Minsel juga menggelar acara ramah-tamah di gedung Graha Tatag Trawang Tungga, dihadiri jajaran Forkopimda Minsel, personel gabungan TNI-Polri, wartawan dan tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan itu, Kapolres dan Bupati Minsel menyerahkan bingkisan hadiah bagi para pemenang lomba senam gembira, lomba vokal grup, dan lomba kebersihan.

Usai upacara, Polres Minsel menggelar acara ramah-tamah dan penyerahan hadiah bagi para pemenang lomba, di gedung Graha Tatag Trawang Tungga. (Foto: Sulut24/Simon Manorek)

Juara 1 lomba senam gembira diraih Sat Lantas, juara 2 Sat Reskrim, dan kategori favorit diboyong gabungan Polsek Tompasobaru dan Modoinding.

Sementara pemenang lomba vocal group terdiri dari juara 1 gabungan Polsek Modoinding dan Tompasobaru, juara 2 Sat Reserse Narkoba, dan kategori favorit direbut Seksi Propam.

Adapun pemenang lomba kebersihan, untuk tingkat polres juara 1 diraih Bagian SDM dan juara 2 direbut Sat Reskrim. Untuk tingkat polsek, juara 1 diboyong Polsek Sinonsayang, dan juara 2 Polsek Amurang. (Simon)