Setiap Pemeriksaan Keluar Ruangan, Laptop di Sembunyikan, PUD Klabat "Pandang Enteng" Inspektorat - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Setiap Pemeriksaan Keluar Ruangan, Laptop di Sembunyikan, PUD Klabat "Pandang Enteng" Inspektorat

Kepala Inspektorat Minut Steven Tuwaidan (Foto: Ist)

Sulut24.com, MINUT - Perusahaan Umum Daerah (PUD) Klabat diminta proaktif dan tidak menghambat pemeriksaan yang dilakukan Inspektorat. 

Demikian dikatakan salah satu anggota DPRD Minahasa Utara Djafar Efendi Moha, Selasa (8/8/2023).

Menurutnya kalau memang tidak ada unsur penyimpangan anggaran, kenapa PUD Klabat tidak proaktif atau "merasa takut"  diperiksa Inspektorat.

"Kami mendapat informasi, setiap ada pemeriksaan dilakukan oleh Inspektorat, mereka itu (red PUD Klabat) keluar ruangan. Bahkan laptop saja yang berisi data tidak diberikan atau disembunyikan," kata Moha.

Moha menjelaskan bagaimana pemkab minut menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik sedangkan ada instansi seperti PUD Klabat ada rasa "pandang enteng" Inspektorat.

"Jangan perusahaannya terkesan bersih tapi fakta dilapangan jauh berbeda seperti yang diharapkan," ungkap Moha.

Untuk itu menurut Moha Inspektorat harus tegas, tidak perlu takut melakukan pemeriksaan atau investigasi kepada PUD Klabat.

"Inspektorat melakukan pemeriksaan/investigasi atas perintah Bupati, jadi hormatilah bupati dan inspektorat," pinta Moha 

Kepala Inspektorat Minut Steven Tuwaidan ketika dikonfirmasi tidak menampik soal kurang proaktifnya PUD Klabat ketika diperiksa Inspektorat.

Malahan Inspektorat Minut meminta tambahan waktu. Karena waktu 10 hari yang diberikan Bupati tidak cukup untuk melakukan pemeriksaan di PUD Klabat.

Menurut Tuwaidan timnya akan terus melakukan pemeriksaan.

"Dari 160 objek pemeriksaan baru 40 objek yang berhasil diperiksa. Dan tim auditor kami akan terus melakukan pemeriksaan," tutup Tuwaidan. (Joyke)