Bupati Joune Ganda Bertemu Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Ekspose Capaian Realisasi Investasi Minut Tahun 2023 Tertinggi di Sulut - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Bupati Joune Ganda Bertemu Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Ekspose Capaian Realisasi Investasi Minut Tahun 2023 Tertinggi di Sulut

Bupati Joune Ganda Bersama Mentri Investasi/BKPM Bahlil Lahadalia (Foto: Ist)

Sulut24.com, MINUT - Bupati  Minahasa Utara Joune J.E. Ganda, S.E., M.A.P., M.M., M.Si., melaksanakan kunjungan dan audiensi ke Kementerian Investasi/BPKM, terkait ekspose capaian realisasi investasi Kabupaten Minahasa Utara tahun 2023, Senin (11/9)  di Kementerian Investasi/BKPM RI, Kawasan Bisnis SCBD Jakarta.

Dalam kunjungan dan audiensi yang dilakukan bersama Menteri Investasi/BPKM Bahlil Lahadalia, Bupati Minut turut didampingi Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Minut  Richard J.H. Dondokambey, SSTP. 

Diketahui, Menteri Bahlil Lahadalia menerima kunjungan Bupati Minahasa Utara Joune Ganda diruang kerjanya, dimana suasana pertemuan "reuni kecil "sesama " Putra Asal Timur Indonesia" itu berlangsung penuh canda tawa, akrab layaknya sahabat lama yang baru bertemu.

Adapun kunjungan dan audensi Bupati Joune Ganda dengan sahabat lamanya ini, tampak keduanya secara serius saling sharing tentang isu-isu ekomomi global, secara khusus Menteri Bahlil menyampaikan 

isu dan strategi kedepan dalam menghadapi krisis global melalui investasi dan penanaman modal, salah satunya dengan memperkuat investasi di daerah.

Sementara itu Bupati Minahasa Utara Joune Ganda dalam kesempatan itu menyampaikan secara langsung capaian investasi Kabupaten Minahasa Utara 

Bupati Joune Ganda menjelaskan hingga semester 1 Tahun 2023 ini yang sudah menyentuh angka hampir 1 Triliun  (929,165 Milyar), 50.15% dari target Kementerian Investasi BKPM RI dan 67,42 % dari target RPJMD.

Bupati Joune Gandan menambahkan bahwa ditahun sebelumnya, tahun 2022 realisasi investasi Minahasa Utara mencapai 2,43 Triliun, 101,52% dari target nasional dan 185,71% dari target RPJMD. 

"Atas capaian nilai transaksi investasi diatas, maka Kabupaten Minahasa Utara di berada pada Peringkat ke-1 capaian investasi dari Kabupaten/Kota se-Sulawesi Utara," tandas Bupati.

Untuk itu katanya Joune Ganda, melihat maka dia selalu mewarning kepada OPD terkait khusus PTSP agar mendukung penuh para calon investor yang akan berinvestasi di Minut dalam hal ini mempermudah sistim birokrasi yakni transparans dan digitalisasi.

"Selama memimpin Kabupaten Minahasa Utara, soal sektor investasi  menjadi salah satu prioritas program yakni dengan membuka peluang berinvestasi sesuai dengan potensi Sumber daya alam sesuai dengan kebijakan sustainable development atau pembangunan yang berkelanjutan yakni mempertimbangkan aspek keselamatan lingkungan dan aspek strategis lainnya," tandas Joune Ganda sambil menegaskan bahwa fakta diatas menjadikan Kabupaten Minahasa Utara sebagai salah satu daerah yang aman dan kondusif dalam berinvestasi, dengan kata lain daerah primadona untuk berinvestasi.

Terbaru, berkat komitmen dan kesunggguhan Bupati Joune Ganda menjaga iklim investasi, Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara meraih REI Sulut Award III kategori Pemerintah Kabupaten/Kota dengan Pelayanan Perizinan Terbaik.

Adapun Penghargaan tersebut diberikan Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw disusul penyerahan sertifikat oleh Ketua Umum REI Joko Suranto dan Ketua DPD REI Sulut Beniqno Polii Turut pada Musyawarah Daerah (Musda) Real Estate Indonesia (REI) Sulut ke-X dan REI Sulut Award III Tahun 2023, Selasa (5/9/2023) lalu di Luwansa Manado.

Dalam kunjungan dan audensi dengan Menteri Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal itu, Bupati Minut Joune Ganda dalam kapasitasnya sebagai  ketua bidang Politik dan Keamanan Asosiasi Pemerintah Kabupaten (Apkasi) turut memperkenalkan putri Otonomi Indonesia 2023 asal Minahasa Utara Elisha Lumintang. (Joyke)