Persiapkan Pengamanan Pemilu, Polresta Manado Gelar Simulasi Sispamkota dan Deklarasi Pemilu Damai - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Persiapkan Pengamanan Pemilu, Polresta Manado Gelar Simulasi Sispamkota dan Deklarasi Pemilu Damai

Suasana Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Foto: Sulut24/hna)

Sulut24.com, MANADO - Polresta Manado menggelar kegiatan Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) dan Deklarasi Pemilu Damai 2024, Jumat, (29/9/2023). 

Kegiatan yang digelar di area pohon kasih Kawasan Megamas Manado tersebut turut dihadiri oleh perwakilan FKUB Kota Manado, perwakilan partai politik peserta Pemilu serta perwakilan KPU dan Bawaslu Kota Manado.

Kegiatan diawali dengan deklarasi pemilu damai yang dipimpin oleh Komisioner Bawaslu Kota Manado Brilliant Maengko dimana seluruh stakeholder diharapkan dapat mewujudkan Pemilu yang aman, tertib, damai, berintegritas, tanpa hoak, ujaran kebencian, politik identitas, politisasi sara serta politik uang.

Suasana Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Foto: Sulut24/hna)

Pihak aparat keamanan selanjutnya melakukan simulasi sispamkota dengan melibatkan ratusan personil yang terdiri dari anggota Polresta Manado, Brimob serta Satpol PP Kota Manado.

Simulasi tersebut terdiri dari beberapa item yaitu simulasi pengamanan anarki, simulasi AUR yang menentang hasil Pemilu di KPU Prov. Sulut, simulasi kampanye umum, simulasi masa tenang, dengan penurunan atribut kampanye serta simulasi pemungutan suara. 

Dalam pengarahannya Wakapolda Sulut Brigjen Pol Jan de Fretes berjarap agar kegiatan simulai tersebut dapat memantik semangat untuk memperkuat pengamanan Pemilu.

"Harapannya dengan simulasi hari ini dapat menjadi pemantik semangat dan penguatan komitmen dalam mempersiapkan pengamanan Pemilu 2024 mengingat Pemilu adalah kontestasi rakyat yang kompleks," ujar Wakapolda. 

Suasana Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Foto: Sulut24/hna)

Wakapolda juga mengingatkan agar netralitas, soliditas, dan sinergitas semua stakeholder terkait, khususnya Polri dan TNI harus terus dijaga agar setiap tahapan Pemilu 2024 dapat berjalan dengan aman dan kondusif.

Ia pun mengajak seluruh stakeholder untuk mendoakan agar Pemilu 2024 dapat berjalan dengan aman.

"Mari kita selalu berdoa agar kejadian yang disimulasikan tidak terjadi di Kota Manado. Polda Sulut siap hadir untuk mengamankan pemilu 2024," tandas Wakapolda. (fn/hna)