Jendral Ronny Sompie Puji Kepemimpinan Bupati Minut Joune J.E Ganda - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Jendral Ronny Sompie Puji Kepemimpinan Bupati Minut Joune J.E Ganda

Irjen.Pol. (Purn) Dr. Ronny Franky Sompie, S.H., M.H yang juga caleg DPR RI Partai Golkar dapil Sulawesi Utara nomor urut 3 (Foto: Ist)

Sulut24.com, MINUT - Irjen.Pol. (Purn) Dr. Ronny Franky Sompie, S.H., M.H yang juga caleg DPR RI Partai Golkar dapil Sulawesi Utara nomor urut 3 ini memuji kepemimpinan Bupati Minahasa Utara Joune J.E Ganda.

Irjen. Pol. (Purn) Ronny Sompie mengatakan ada begitu banyak penghargaan dari Pemerintah Pusat yang sudah diberikan kepada rakyat Minut lewat Pemerintahan Bupati Joune J.E Ganda.

"Saya mendukung penuh kepemimpinan pak Bupati Joune Ganda. Beliau memiliki komitmen yang tinggi untuk membangun Minahasa Utara," ungkap Mantan Kadiv humas Mabes Polri ini.

Kepada sejumlah Wartawan di Hotel The Sentra Manado, Sabtu, (11/11/23). Sompie mengatakan, kemajuan Minahasa Utara butuh kerjasama semua pihak. 

Mantan Kapolda Bali ini menyebutkan, banyak cara untuk memajukan Minahasa Utara, antara lain, dengan letak Minahasa Utara di apit oleh kota Manado dan kota Bitung.

"UMKM harus di suport bersama-sama karena punya nilai ekonomi yang bisa membantu masyarakat dan potensi ini sangat besar dan harus digarap bersama," kata Sompie.

 “Banyak pebisnis yang lewat di Minut, dari arah Kota Manado ke Bitung begitu juga sebaliknya. Jika kita memiliki sesuai yang menarik, pasti mereka yang melewati Minut akan tertarik untuk membelinya,” tambahnya.

Lanjut Sompie sumber daya manusia Minahasa Utara juga harus digelorakan agar bisa lebih bersaing ditingkat propinsi maupun nasional, contohnya bagi generasi muda terutama lulusan-lulusan SMA dan sederajat, terutama bagi keluarga yang tidak mampu tapi memiliki prestasi dan mempunyai kemampuan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi kedinasan yang begitu banyak diselenggarakan oleh kementrian dan pemerintah Indonesia, agar pemerintah daerah bisa membantu menyiapkan sumber daya manusia agar bisa bersaing dengan perwakilan-perwakilan daerah lain terlebih sekolah-sekolah yang berhubungan dengan militer.

Pensiunan Jendral asli Minahasa Utara ini menyampaikan untuk memajukan pariwisata Minahasa Utara perlu perhatian dari semua stakeholder termasuk para jurnalis atau media, selain Minut memiliki wisata alam yang sangat indah, wisata budaya juga harus benar-benar ditingkatkan supaya bisa menunjang dan lebih menarik minat wisatawan.

 “Musik kolintang bisa menjadi daya tarik wisatawan ketika kita benar-benar menyajikan dengan profesional, Bupati Minahasa Utara sebagai ketua DPD Pingkan saat ini yang sangat bersemangat mengembangkan musik kolintang. Tapi sejauh mana dukungan kepada Bupati, alangkah baiknya dukungan kita lewat semua gereja-gereja bisa memiliki musik kolintang, sekolah-sekolah bisa dari Sekolah Dasar (SD) Sekolah Menengah Pertama (SMP) bisa diajarkan juga,” terangnya.

Untuk memenuhi kebutuhan alat musik kolintang dan pelatih, bisa berkolaborasi dengan swasta yang memilik corporate social responsibility atau pengusaha-pengusaha asli Minut yang sukses diluar daerah, untuk membantu agar musik kolintang bisa dimiliki dan diajarkan dari sekolah dasar. Begitu juga tari-tarian contohnya seperti tarian Maengket dan tari-tarian lainnya. 

“Kita juga bisa bekerjasama dengan Universitas Klabat yang ada di Minut, mungkin ada salah satu fakultas yang bisa ikut mengembangkan potensi budaya termasuk mengukir, melukis, bisa membuat pernak-pernik Minahasa Utara yang bisa dijual untuk wisatawan-wisatawan.” Kata Tuama Tonsea ini.

Sompie juga mengatakan, sektor pertanian dan peternakan jika benar-benar dikembangkan, itu memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi, apalagi disingkronkan antara hasil petani dan peternakan. 

“Peternak membutuhkan hasil pertanian, begitu juga petani membutuhkan pupuk dari kotoran ternak, ini sangat menguntungkan ketika kita benar-benar serius mengerjakan. Juga hal itu tidak bisa dilakukan oleh pemerintah sendiri, tapi butuh kolaborasi dari semua pihak. Musti sama-sama, Deng semangat kebersamaan ini yang harus di bangun," tutup Sompie.

Sompie juga mengingatkan, agar seluruh masyarakat mendukung penuh program-program pemerintah dalam hal ini bupati, apalagi pemerintah Minahasa Utara sudah sangatbbanyak menerima penghargaan. (Joyke)