Jadi Irup Hari Infanteri ke-75 Kasdam XIII Merdeka: Korps Infantri Mendapatkan Nilai Ketokohan dari Jenderal Sudirman - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Jadi Irup Hari Infanteri ke-75 Kasdam XIII Merdeka: Korps Infantri Mendapatkan Nilai Ketokohan dari Jenderal Sudirman

Suasana upacara hari Infanteri ke-75 (Foto: Sulut24/hna)

Sulut24.com, MANADO - Kasdam XIII Merdeka Brigjen TNI Yustinus N Yulianto mengingatkan agar nilai kemanunggalan TNI dengan rakyat yang harus selalu tertanam dalam jiwa, sikap dan tindakan setiap prajurit Infantri. 

Hal tersebut disampaikannya dalam amanat saat menjadi inspektur upacara hari Infanteri ke-75 yang digelar di Mayonif 712/Wt, Kota Manado, Selasa (19/12/2023). 

Ia mengatakan salah satu catatan peristiwa penting yang menjadi tonggak sejarah Infantri adalah peristiwa saat menghadapi agresi militer Belanda II tanggal 19 Desember 1948 dimana panglima besar Jenderal Sudirman mengeluarkan perintah yang ditujukan kepada angkatan perang RI agar menjalankan rencana untuk melawan musuh dan dari peristiwa tersebut korps Infantri mendapatkan nilai-nilai ketokohan dari Jenderal Sudirman. 

"Dari peristiwa tanggal 19 Desember 1948 tersebut, korps Infantri mendapatkan nilai-nilai ketokohan, patriotisme, kepemimpinan, kejuangan, profesionalisme keprajuritan dan sifat pantang menyerah dari seorang panglima besar Jenderal Sudirman," ucapnya. 

Menurutnya korps Infantri merupakan korps terbesar dari korp-korp yang ada di TNI Angkatan Darat, namun dalam dalam upaya memenangkan suatu pertempuran atau peperangan korps Infantri  harus bersinergi dengan korp-korp lain di TNI Angkatan Darat. 

"Infantri harus berkontribusi, bekerjasama dan bersinergi dengan semua korps, karena setiap korps punya peran masing-masing dalam pertempuran," jelas Brigjen TNI Yustinus N Yulianto. (fn/hna)