Pemkab Minut Gelar Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Pemkab Minut Gelar Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama

Peserta JPTP Pemkab Minut pada 11 jabatan kosong saat mengikuti asesmen di BKN (Foto: Ist)

Sulut24.com, MINUT - Akhirnya. 11 jabatan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Minahasa Utara (Minut), segera diisi pejabat definitif. Diketahui, saat ini posisi-posisi tersebut diisi Pelaksana Tugas (Plt).

Melalui surat bernomor 02/PANSEL-MINUT/XII/2023, Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara, diumumkan ke publik. Di dalamnya tertuang uraian jadwal tahapan pelaksanaan proses tersebut.

Kesebelas jabatan tersebut di antaranya; Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia,  Inspektur Inspektorat, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Satu Pintu, Kepala Badan Pendapatan Daerah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah, Kepala Dinas Perindustrian, serta Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah.

Dalam pengumuman tersebut, ada 15 ketentuan umum dan 17 item persyaratan yang wajib dipenuhi.  Sementara tahapan mencakup seleksi administrasi (rekam jejak), seleksi kompetensi (assessment center), seleksi kompetensi bidang (penulisan makalah), wawancara akhir, hasil seleksi (penilaian akhir). Selanjutnya ada 7 ketentuan lain pada poin E.

Kepala BKPSDM Minut Yohanes Katuuk menjelaskan, sesuai jadwal proses tersebut bakal tuntas pada 8 Januari 2024. Namun, pihaknya bersama Pansel akan berupaya agar lelang jabatan kali ini bisa selesai sebelum tahun 2023 berakhir. Semua dilakukan sesuai instruksi dan arahan Bupati Joune Ganda dan Wakil Bupati Kevin W Lotulung. 

“Kita akan berusaha lebih cepat, karena takutnya nanti ada edaran libur sehingga bisa makin memperpanjang durasi tahapan seleksi. Nanti biar proses pasti akan banyak memakan waktu di persetujuan KASN,” ungkap Katuuk.

Mantan Kabag Umum Setkab Minut mengungkapan, Pansel diketuai Sekkab Novly Wowiling bersama Asisten III Setprov Franky Manumpil, Kepala Inspektorat Pemprov Sulut Mecky Onibala, Wakil Rektor II Unsrat Prof Ronny Maramis serta Psikolog Preisy Siby. 

“Diharapkan semua bisa berjalan lancar. Karena ini terbuka, pejabat di luar Pemkab Minut selama memenuhi syarat bisa mendaftar,” tandasnya. 

Sementara itu 11 jabatan kepala OPD lowong yang dilelang:

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia,

Inspektur Inspektorat

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang,

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan,

Kepala Dinas Perhubungan,

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Satu Pintu,

Kepala Badan Pendapatan Daerah,

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa,

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah,

Kepala Dinas Perindustrian,

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah. (Joyke)