Desa Wori dan Tiwoho Jadi Langganan Banjir, Warga Minta Pemkab Minut Cari Solusi - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Desa Wori dan Tiwoho Jadi Langganan Banjir, Warga Minta Pemkab Minut Cari Solusi

Suasana banjir di Desa Wori (Foto: Ist)

Sulut24.com, MINUT – Dilanda hujan deras sejak Sabtu (2/3/2024) malam, beberapa desa di Kecamatan Wori Kabupaten Minahasa Utara terendam banjir.

Pemandangan banjir ini menjadi pemandangan biasa bagi warga, karena setiap kali curah hujan tinggi, desa Wori dan Tiwoho langganan banjir tetap tergenang air.

“Kalau sudah hujan lebat seperti ini daerah sini tetap banjir,” keluh salah satu warga Wori yang diwawancarai Sulut24.com, Senin (4/3/2024).

Dia berharap pemerintah daerah dapat menyelesaikan persoalan banjir yang menjadi momok menakutkan setiap curah hujan tinggi. Karena diakuinya, kondisi banjir seperti ini cukup sering terjadi sejak beberapa tahun terakhir.

“Ini sudah menjadi persoalan lama, seharusnya ada solusinya. Kalau hujan lebat, tidur pun tak nyenyak, takut banjir,” ungkapnya.

Sementara itu Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara saat ini mengambil tindakan cepat dengan memobilisasi seluruh jajaran terkait penanganan bencana. 

Salah satu langkah yang diambil adalah menurunkan personil pemadam kebakaran untuk membersihkan timbunan lumpur dan material banjir di jalan, saluran air, dan pemukiman penduduk. 

Hal ini juga turut diakui Hukum Tua desa Tiwoho Wenny Mira, SE. Menurutnya Pemkab Minut sudah menurunkan mobil pemadam kebakaran untuk membersihkan timbunan lumpur.

"Kalau bantuan sembako dari Pemkab belum ada. Saat ini baru ada bantuan beras, minyak goreng, gula dan supermi dari Caleg Pak Didik dan  bantuan dari Pak Izak bersama timnya," tuturnya.

Dijelaskan Hukum Tua Mira sesuai data, keluarga yang kena banjir didesa Tiwoho berjumlah 81 KK. (Joyke)