Serap Aspirasi Pedagang, Senator Stefanus Liow Blusukan di Pasar Amurang - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Serap Aspirasi Pedagang, Senator Stefanus Liow Blusukan di Pasar Amurang

 Senator Stefanus Liow sedang belanja ikan segar sembari menyerap aspirasi dari para pedagang yang sedang berjualan di Pasar Amurang. (foto: Sulut24/Simon Manorek)

Sulut24.com, MINSEL - Ini benar-benar unik dan patut diacungi jempol. 

Biasanya para calon legislatif (caleg) turun lapangan demi membangun pencitraan dan merebut simpati masyarakat saat menjelang Pemilihan Umum (Pemilu).

Tapi sosok pejabat publik yang satu ini justru sebaliknya. Ir. Stefanus Berty Arnicotje Nicolaas Liow, M.A.P justru memilih melakukan blusukan dan menemui rakyat kecil ketika tahapan Pemilihan Legislatif (Pileg) sudah berakhir dan tinggal menunggu momen pelantikan. 

Ini membuktikan, senator yang akrab disapa SBANL ini tetap konsisten menemui konstituennya, baik sebelum maupun sesudah pelaksanaan Pemilu. 

Sosok lelaki kelahiran Amurang ini memang punya basis massa yang sangat militan di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), terutama di kalangan warga Kabupaten Minsel dan Kota Tomohon. 

Di Kabupaten Minsel, calon anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) periode 2024-2029 ini bahkan mendulang suara tertinggi pada Pemilu 14 Februari 2024 lalu.

Senator SBANL yang saat ini masih menjabat sebagai Ketua Badan Urusan Legislasi Daerah (BULD) DPD RI sukses mengantongi 47.711 suara dari total suara sah 136.060, disusul Maya Rumantir 34.806 suara, dan Adriana Dondokambey 21.198 suara.

Perolehan suara Senator SBANL meningkat signifikan lebih dari 100 persen dibandingkan Pemilu 2019. Ketika itu, ia hanya meraup 23.100 suara.

Dari hasil rekapitulasi perolehan suara calon anggota DPD-RI Dapil Sulut, Senator SBANL juga menduduki posisi ketiga perolehan suara di daerah Sulut yakni meraup total 216.126 suara.

Perolehan suara Senator SBANL berada di bawah Cherish Harriette Mokoagow yang mengoleksi 234.333 suara, dan Maya Rumantir yang mengantongi 394.153 suara. 

Ini untuk yang ketiga kalinya Senator SBANL akan kembali mengemban amanat rakyat sebagai wakil daerah Sulut di DPD RI.

Setelah hampir seminggu berkunjung ke Amerika Serikat, sehari menjelang perayaan Paskah, tepatnya pada Sabtu (30/03/2024) pagi, anggota DPD RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sulut ini berkesempatan pulang ke tanah kelahirannya di Amurang, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel).

Setibanya di Amurang, lelaki yang juga akrab disapa Bung Stefa meluangkan waktu berkunjung ke rumah duka, di Kelurahan Uwuran Satu, Kecamatan Amurang.

Ia datang menemui keluarga almarhum Drs. Willem Pasla untuk menyatakan rasa turut berduka cita sembari menjalin kebersamaan dengan masyarakat setempat.

Senator Stefanus Liow saat berkunjung di rumah duka di Kelurahan Uwuran Satu, Kecamatan Amurang. (foto: Sulut24/Simon Manorek)

"Saya kenal dekat dengan sosok almarhum. Almarhum adalah mantan birokrat senior di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minsel yang pernah menjabat Kepala Dinas Sosial dan saat ini menjabat Staf Ahli Bupati Minsel Bidang Sosial. Almarhum juga merupakan salah satu pejuang pemekaran dan pembentukan Kabupaten Minsel," tutur Senator Stefanus Liow.  

Setelah hampir satu jam berada di rumah duka, pejabat negara ini kemudian melakukan blusukan ke Pasar 54 Amurang untuk memantau ketersediaan bahan pokok menjelang perayaan Paskah. 

Mantan dosen Institut Teknologi Minaesa (ITM) Tomohon yang juga mantan jurubicara Universitas Negeri Manado (Unima) tersebut menemui para pedagang ikan, sayur, rempah-rempah dan sembako.

Sambil bercakap-cakap dan menyerap langsung aspirasi dari para pedagang, suami dari Ketua Komisi III DPRD Kota Tomohon Ir. Miky Junita Linda Wenur, M.A.P tersebut juga tidak lupa berbagi berkat dengan cara membeli dagangan mereka dan ia tampak sengaja membayarnya lebih dari harga jual. 

Sejumlah warga yang sedang belanja di Pasar Amurang dan mengenal sosoknya, secara spontan langsung datang menghampiri dan menjabat tangan sambil memberi ucapan selamat. Tidak sedikit pula yang memintanya untuk foto bersama. 

"Kami sekeluarga pilih dan coblos pak Senator Stefa. Kami turut merasa bangga dan bersyukur, ada putra Amurang yang juga aset daerah Sulut yang bisa berkiprah di tingkat pusat," tutur sejumlah warga.   

"Terima kasih banyak karena bapak dan ibu sudah memilih dan mempercayakan saya untuk kembali menjadi calon anggota DPD RI. Mohon doa restunya hingga momen pelantikan nanti," balas Senator Stefanus Liow.

Usai blusukan di Pasar 54 Amurang, mantan Ketua Komisi Pria Kaum Bapa (P/KB) Sinode GMIM Periode Pelayanan 2014-2018 yang juga dikenal sebagai pencetus dan pendiri Panji Yosua ini lalu mengajak sejumlah warga dan beberapa wartawan Biro Minsel untuk ngopi bareng di rumah kopi Topaz. 

Kedatangannya di rumah kopi yang dijuluki oleh warga setempat sebagai kantor DPRD Tingkat III ini, juga mendapat sambutan hangat dari para pengunjung.

Setelah cukup lama bercakap-cakap sambil ngopi bareng dengan para pengunjung dan mitra kerja wartawan, Senator Stefanus Liow kemudian bertolak kembali ke Kota Tomohon untuk melanjutkan agenda kerjanya. (Simon)