Taarae Berharap, Patung Dotu Unsong Bahewa di Kabaruan Segera Direnovasi - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Taarae Berharap, Patung Dotu Unsong Bahewa di Kabaruan Segera Direnovasi

Ketua Karang Taruna Tamaronggecca Desa Kabaruan, Evans Frets Taarae, SS (Foto: Ist)

Sulut24.com, TALAUD - Ketua Karang Taruna Tamaronggecca Desa Kabaruan, Evans Frets Taarae, SS berharap pemerintah daerah Kabupaten Kepulauan Talaud segera merenovasi patung Dotu Unsong Bahewa.

Taarae menerangkan, anatomi patung yang dibangun beberapa tahun lalu tersebut bertolak belakang dengan bentuk fisik serta ketokohan Unsong Bahewa.

"Kepalanya kecil, lengan tangannya pendek, tulang rusuknya menyerong hingga ke bagian belakang. Ada juga beberapa bagian tubuh yang sering disoroti masyarakat yaitu paha dan betis yang tidak berimbang," ujar Taarae, Minggu (10/03/2024).

Lanjutnya, Dotu Unsong Bahewa merupakan tokoh yang juga pahlawan dalam perang mengusir para ansuang atau perompak laut dari Mindanau.

Taarae yang merupakan sekretaris persatuan wartawan Indonesia Kabupaten Kepulauan Talaud ini sedikit bercerita soal ketokohan Unsong Bahewa.

"Jadi, kepahlawanan Dotu Unsong Bahewa harus digambarkan dengan bentuk patung yang Gaga berani. Bukan seperti orang penyakitan," tuturnya dengan nada tegas.

Pria yang juga pendiri komunitas adat tamalongge ini meminta Pemda Talaud untuk mengalokasikan anggaran untuk merenovasi patung tersebut.

 "Selaku tokoh pemuda Desa Kabaruan, saya berharap Pemda Talaud bisa mengalokasikan anggaran untuk renovasi, karena patung tersebut dibangun dengan uang daerah," tukasnya. (fn)