Ikut Seleksi Anggota Polri Jalur Akpol, Tiga Putra Minsel Digeser ke Polda Sulut - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Ikut Seleksi Anggota Polri Jalur Akpol, Tiga Putra Minsel Digeser ke Polda Sulut

 Puluhan calon taruna dan taruni Akpol utusan Polres/ta jajaran Polda Sulut sedang mengikuti apel perdana di Mapolda Sulut (Foto: Ist)

Sulut24.com, MINSEL - Setelah dinyatakan lulus verifikasi pemeriksaan administrasi (rikmin) awal di tingkat Panitia Pembantu Penerimaan (Pabanrim) Polres Minahasa Selatan (Minsel), tiga  putra asal Minsel yang mengikuti rekrutmen anggota Polri jalur Akademi Kepolisian (Akpol) tahun anggaran 2024, akhirnya digeser ke Polda Sulawesi Utara (Sulut), pada Sabtu (20/04/2024) pagi.

Ironisnya, satu-satunya calon taruni asal Kecamatan Modoinding-Minsel tidak lulus verifikasi saat mengikuti rikmin awal di tingkat Pabanrim Polres Minsel, sehingga tidak jadi digeser ke Polda Sulut. 

Pasalnya, dari hasil pengukuran tinggi badan didapati yang bersangkutan tidak memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.

Adapun tiga Calon Taruna (Catar) Akpol utusan Polres Minsel yang digeser ke Polda Sulut terdiri dari Rohdrigo Filbert Wongkar asal Kecamatan Amurang Barat, Speldy Mikhael Paat Mokoagow asal Kecamatan Tompasobaru, dan Erlangga Alfri Junior Jacob asal Kecamatan Amurang.

Satu dari tiga Catar Akpol tersebut, yakni Speldy Mikhael Paat Mokoagow tercatat pernah mengikuti seleksi Akpol tahun anggaran 2023 lalu.

Sesuai jadwal yang ditetapkan oleh Panitia Pusat (Panpus), mulai Minggu (21/04/2024) pagi, ketiganya bersama puluhan calon taruna dan taruni Akpol perutusan Polres/Polresta se-jajaran Polda Sulut akan mengikuti tahapan seleksi berikutnya, yakni pemeriksaan kesehatan (rikkes) tahap I.

Tahapan rikkes I ini digelar secara serentak di 34 Polda se-Indonesia. 

Rikkes tahap I tingkat Panitia Daerah (Panda) Polda Sulut akan digelar di Aula Fakultas Hukum Unsrat dan dimulai pukul 06.30 Wita. 

Peserta sudah harus berada di lokasi sejak pukul 06.00 untuk mengikuti apel.  

Sumber di Polda Sulut mengungkapkan, animo pendaftaran calon anggota Polri jalur Akpol pada tahun anggaran 2024 ini berkurang dibandingkan tahun anggaran 2023 lalu. 

Pengukuran tinggi dan berat badan bagi Catar Akpol pada rikmin awal di tingkat Pabanrim Polres Minsel. (foto: Sulut24/Simon Manorek)

Pada tahun anggaran 2024 ini hanya 80-an orang yang terverifikasi dan dinyatakan berhak mengikuti rekrutmen penerimaan anggota Polri jalur Akpol. 

"Sementara pada tahun anggaran 2023 lalu, lebih dari 100 orang yang mengikuti seleksi Akpol tingkat Panda Polda Sulut. Sayangnya, hanya 4 dari 6 orang yang dikirim yang dinyatakan lulus seleksi tingkat pusat. Saat ini mereka sedang menempuh pendidikan di Kampus Akpol, di Semarang, Jawa Tengah," ungkap sumber di Polda Sulut. 

Pada kesempatan terpisah, Kapolres Minsel melalui Wakapolres Kompol Muhammad Fadli, S.IK berharap, tiga Catar Akpol utusan Polres Minsel bisa lulus di setiap tahapan seleksi di tingkat Panda Polda Sulut.

Wakapolres Minsel meminta agar mereka senantiasa menjaga kesehatan serta meningkatkan kemampuan akademik dan kesamaptaan jasmani. 

"Kami juga memohon doa restu dari seluruh warga Minsel, semoga di tahun anggaran 2024 ini akan ada lagi putra Minsel yang lulus seleksi penerimaan anggota Polri jalur Akpol, seperti yang pernah terjadi pada tahun anggaran 2022 lalu," harap Wakapolres Minsel. (Simon)