Lulus Rikmin Awal, Polres Minsel Geser 135 Casis Bintara Polri T.A 2024 ke Polda Sulut - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Lulus Rikmin Awal, Polres Minsel Geser 135 Casis Bintara Polri T.A 2024 ke Polda Sulut

135 Casis Bintara Polri kiriman Polres Minsel sedang mengikuti apel di Mapolda Sulut. (foto: Sulut24/Simon Manorek)

Sulut24.com, MINSEL – Setelah lulus tahapan pemeriksaan administrasi (rikmin) awal, sebanyak 135 Calon Siswa (Casis) Bintara Polisi Tugas Umum (PTU) dan Bintara Kompetensi Khusus (Bakomsus) Polri Tahun Anggaran (T.A) 2024 kiriman Polres Minahasa Selatan (Minsel) telah digeser ke Polda Sulawesi Utara (Sulut), Kamis (25/04/2024) siang.

Sementara itu, pergeseran terhadap 11 Casis Tamtama kiriman Polres Minsel ke Polda Sulut, sampai berita ini diturunkan, belum dilakukan karena masih menunggu petunjuk dari pihak Panitia Daerah (Panda) Polda Sulut. 

Adapun 135 Casis Bintara Polri asal Minsel terdiri dari 127 pria dan 8 wanita, dengan rincian Bintara PTU 132 orang (124 pria dan 8 wanita), Bakomsus Kehumasan/TI sebanyak 2 orang, dan Bakomsus Pariwisata 1 orang.

Selanjutnya, mereka akan mengikuti seleksi tingkat daerah yang dijadwalkan berlangsung mulai 26 April hingga 28 Juni 2024 mendatang. 

Sebanyak 11 tahapan seleksi yang akan dijalani selama kurun waktu tersebut. 

Bagi yang berhasil melewati 11 tahapan seleksi tersebut dan lulus sidang akhir, maka berhak mengikuti pembukaan pendidikan pada 22 Juli 2024 mendatang.   

Sebelum dilepas dan berangkat menuju Polda Sulut, para Casis Bintara dan Tamtama Polri yang beragama Kristen pada pagi harinya mengikuti ibadah bersama Kapolres Minsel AKBP Feri Renaldo Sitorus, S.I.K, M.H, di gedung Kanisa Mapolres Minsel. 

 Apel pergeseran dilaksanakan di Lapangan AKP Bryan T. Tatontos Mapolda Sulut. (foto: Sulut24/Simon Manorek)

Usai ibadah dan untuk mengangkut ratusan calon anggota Polri tersebut menuju Polda Sulut, pihak Panitia Pembantu Penerimaan (Pabanrim) Polres Minsel menyiapkan sebanyak 5 armada bus, terdiri dari 4 bus angkutan umum dan 1 bus operasional milik Polres Minsel. 

Pabanrim Polres Minsel juga menyiapkan konsumsi sarapan pagi dan makan siang yang higienis dan halal bagi para Casis.

Untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan arus lalu lintas di sepanjang ruas jalan Trans Sulawesi dalam perjalanan menuju Kota Manado, satu unit mobil Patwal dari Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Minsel juga turut dikerahkan.

Keberangkatan rombongan Casis Bintara Polri kiriman Polres Minsel ini dikawal langsung oleh Kepala Bagian Sumber Daya Manusia (Kabag SDM) Polres Minsel, AKP Rudi T. Dotulong, S.Sos, didampingi Perwira Urusan (Paur) Subbag Dalpers Aiptu Surman Lainsamputty, pengawas eksternal dan sejumlah personel Bagian SDM Polres Minsel.

Pada kesempatan itu, Kapolres Minsel AKBP Feri Renaldo Sitorus, S.I.K, M.H tidak lupa menyampaikan terima kasih kepada putra-putri terbaik Minsel yang telah mendaftarkan diri sebagai calon anggota Polri.

“Tetap semangat, teruslah belajar, jaga kesehatan, dan jangan lupa berdoa. Jangan sampai terlewatkan setiap tahapan seleksi yang wajib diikuti. Selamat berjuang dan semoga sukses meraih cita-cita,” pesan mantan Kapolres Minahasa Tenggara (Mitra) ini. 

Setibanya di Mapolda Sulut, Casis Bintara Polri kiriman Polres Minsel langsung diserahkan oleh Pabanrim Polres Minsel kepada Panitia Daerah (Panda) Polda Sulut. 

Tampak Iptu Sonny Nexon Soputan dari Biro SDM Polda Sulut turut menyambut kedatangan Pabanrim Polres Minsel. 

Selanjutnya, bersama Casis Bintara kiriman dari Polres Bolsel, Boltim, Mitra dan Bitung, 135 Casis Bintara kiriman Polres Minsel mengikuti apel pergeseran yang dilaksanakan hingga sore hari di Lapangan AKP Bryan T. Tatontos Mapolda Sulut. 

Apel pergeseran Casis Bintara dipimpin langsung oleh Kasubbagdiapers Bagdalpers Biro SDM Polda Sulut, Kompol Andre Kilapong, didampingi Paur Kesmapta Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Bid Dokkes) Polda Sulut AKP Yusak Panggua, dan Ps. Paur Subbagdiapers Iptu Fitri Nugrahani, S.Tr.K. 

Apel pergeseran Casis Bintara Polri dipimpin langsung oleh Kasubbagdiapers Bagdalpers Biro SDM Polda Sulut, Kompol Andre Kilapong. (foto: Sulut24/Simon Manorek)

Terhitung mulai Jumat (26/04/2024) hingga 12 Mei 2024 mendatang, secara bergilir seluruh calon anggota Polri ini langsung menjalani pemeriksaan kesehatan (rikkes) tahap 1, yang digelar di Graha Gubernuran Bumi Beringin, di Manado. 

Casis Bintara kiriman Polres Bolsel, Polres Mitra dan Polres Bitung yang mendapat giliran pada hari pertama pelaksanaan rikkes tahap 1, Jumat (26/04/2024). 

Pada rikkes tahap 1 ini, dilakukan pemeriksaan kondisi kesehatan fisik tubuh bagian luar yang kasat mata, meliputi pemeriksaan komposisi tubuh (tinggi dan berat badan), pemeriksaan tensi darah dan nadi.

Dilanjutkan pemeriksaan Telinga Hidung Tenggorokan (THT), pemeriksaan buta warna dan visus mata, pemeriksaan gigi dan mulut, serta pemeriksaan bentuk kaki dan tangan. (Simon)