Sosialisasikan Maskot Si Kuse, KPU Minsel Gelar Peluncurkan Tahapan Pilkada 2024 - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Sosialisasikan Maskot Si Kuse, KPU Minsel Gelar Peluncurkan Tahapan Pilkada 2024

Peluncuran Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Minsel Tahun 2024. (foto: Sulut24/Simon Manorek)

Sulut24.com, MINSEL - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) menggelar hajatan bertajuk "Peluncuran Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Minsel Tahun 2024", pada Sabtu (18/05/2024).

Hajatan yang dilaksanakan di kawasan Pantai Alar Boulevard Kelurahan Pondang Kecamatan Amurang Timur ini, dihadiri jajaran Forkopimda Kabupaten Minsel dan unsur penyelenggara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di daerah ini.

Jajaran Forkopimda Minsel yang hadir yakni Bupati Franky Donny Wongkar, SH didampingi Sekretaris Daerah Glady N.L Kawatu, SH, M.Si, Kepala Kejaksaan Negeri Minsel-Mitra La Ode Muhammad Nusrim, SH, MH, dan Kapolres Minsel yang diwakili oleh Kabag Ops AKP Verry Liwutang, SH.

Hadir juga Anggota Bawaslu RI, Herwyn J.H Malonda, unsur KPU dan Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara, Ketua KPU Minsel Tomy Moga didampingi seluruh anggota dan Sekretaris KPU Minsel Lani L.A Alou, SE, M.Si. 

Turut hadir pula Ketua Bawaslu Minsel Eva J.G  Keintjem didampingi sejumlah anggota, Komisioner KPU dari sejumlah kabupaten/kota, perwakilan tokoh agama dan pimpinan Partai Politik (Parpol) yang ada di Kabupaten Minsel.

Kegiatan ini diawali dengan dialog kebangsaan yang digelar pada sore hari dengan menampilkan sejumlah pembicara, di antaranya Komisioner Bawaslu RI Herwyn Malonda, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unsrat Dr. Ferry Daud Liando, unsur KPU Sulut dan unsur kepolisian.

Usai dialog kebangsaan, dilanjutkan dengan agenda utama yakni peluncuran tahapan Pilkada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Minsel Tahun 2024.

Ketua KPU Minsel Tomy Moga dalam sambutannya mengatakan, peluncuran tahapan Pilkada ini bertujuan mensosialisasikan kepada seluruh masyarakat Minsel bahwa Pilkada serentak akan digelar pada 27 November 2024 mendatang.

Kendati demikian, sambungnya, tahapan Pilkada di Kabupaten Minsel sebenarnya telah dan sementara berlangsung. 

Terkait persiapan pelaksanaan Pilkada serentak di Kabupaten Minsel, KPU Minsel sudah membentuk badan ad hoc yakni Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

 Penampilan Live Music dengan Bintang Tamu Wizz Baker. (foto: Sulut24/Simon Manorek)

"Gunakanlah hak suara anda pada 27 November 2024 nanti. Jangan sampai golput. Suara kita sangat berharga dan akan menentukan masa depan Minsel 5 tahun ke depan," tegas Tomy Moga.

Ia menambahkan, partisipasi masyarakar Minsel pada pemilihan legislatif (pileg) mencapai 86 persen. Untuk Pilkada 27 November 2024 nanti, diharapkan tingkat partisipasi masyarakat bisa tembus 100 persen. 

"Kita berkumpul di sini untuk menyamakan persepsi. Jangan hanya karena perbedaan pilihan, kita menjadi terpecah-belah. Pilihlah calon pemimpin yang sesuai dengan hati nurani kita," imbau Tomy Moga.

Hajatan ini dirangkaikan pula dengan sosialisasi maskot Si Kuse (Suara Kita Untuk Minsel) dan Jingle KPU Minsel, dilanjutkan dengan atraksi pesta kembang api dan penyerahan hadiah uang tunai bagi para pemenang lomba line dance/tari kreasi.

Di penghujung kegiatan ini, masyarakat yang turut hadir dihibur dengan penampilan live music menampilkan sejumlah penyanyi lokal dan bintang tamu Wizz Baker. (Simon)