Pantarlih Resmi Dilantik, Tahapan Pemutakhiran Data Langsung Jalan - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Pantarlih Resmi Dilantik, Tahapan Pemutakhiran Data Langsung Jalan

Suasana pelantikan pantarlih (Foto: Ist)

Sulut24.com, SANGIHE - 398 orang Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) resmi ditetapkan dan dilantik Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sangihe, Senin (24/06/2024) di Tahuna Beach Hotel.

Pelantikan dan pengambilan sumpah para pekerja Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data tersebut dilakukan langsung oleh Ketua KPUD Sangihe, Absan Tahendung. Saat memberi sambutan dan arahan, Tahendung menegaskan, tahapan coklit data harus segera dimulai dan dilakukan sebaik mungkin. 

"Tugas dan tanggungjawab ada di pundak saudara - saudara sebagai garda terdepan mengawal demokrasi. Bapak ibu adalah pasukan terdepan dalam pelaksanaan tugas pemutakhiran data pemilih," tegasnya. 

Menurut Tahendung, data dari Kemendagri adalah Data Kependudukan dan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) yang harus dimutakhirkan ole KPU. "Tugas Pantarlih lah yang memutakhirkan data dalam DP4 itu dengan cara coklit," tambah Tahendung.

Selain itu, Ketua KPUD Sangihe juga berharap kedepan tak ada lagi data ganda, tak ada lagi data orang yang sudah meninggal dan warga yang sudah berusia 17 tahun pada 27 November 2024 bisa ikut dimutakhirkan. (Johan)