Dibacakan PLT Bupati Talaud, Ini Instruksi Presiden Kepada Polri Di HUT Ke - 73 - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Dibacakan PLT Bupati Talaud, Ini Instruksi Presiden Kepada Polri Di HUT Ke - 73





Sulut24.com - Polres Kepulauan Talaud menggelar upacara peringatan HUT Bhayangkara ke - 73 di lapangan Mapolres, Rabu (10/7/2019).

Upacara peringatan HUT Bhayangkara ke - 73 tahun 2019 ini mengambil tema "Dengan Semangat Promoter, Pengabdian Polri Untuk Masyarakat, Bangsa Dan Negara"

Bertindak selaku inspektur upacara Plt Bupati Kepulauan Talaud Petrus Simon Tuange membacakan amanat Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Dalam amanatnya Presiden mengajak seluruh elemen untuk mendoakan para personel Polri yang gugur dalam tugas memelihara keamanan negara.

Lanjutnya melalui Plt Bupati yang akrab disapa Tuange, Presiden menyampaikan bahwa  situasi keamanan dalam negeri sepanjang tahun 2018 dan 2019 terpelihara dengan baik.

"Polri dan TNI telah mengamankan seluruh perhelata internasional yang diselenggarakan Pemerintah, yaitu Asian Games, Asian Para Games, serta IMF-World Bank Annual Meeting 2018," Ujar Presiden melalui Tuange.

"Polri dan TNI telah mengamankan seluruh perhelata internasional yang diselenggarakan Pemerintah, yaitu Asian Games, Asian Para Games, serta IMF-World Bank Annual Meeting 2018," lanjutnya.

Tambah Presiden Polri dan TNI juga telah mengamankan penyelenggaraan Pilkada serentak Tahun 2018 dan Pemilu Tahun 2019, sehingga kedua agenda besar tersebut telah terlaksana dengan aman, damai, dan demokratis.

Presiden mengatakan bahwa Polri telah berhasil mengungkap berbagai kejahatan diantatanya illegal logging, illegal fishing, dan tindak pidana korupsi.

"Polri juga telah berhasil mengungkap kerugian negara senilai Rp 2,9 triliun dan menyelamatkan keuangan negara sebesar Rp 2,3 triliun," Tutur Presiden dalam amanatnya.

Untuk itu demi peningkatan kinerja Polri, Presiden menyampaikan beberapa poin penting sebagai instruksi untuk menjadi pedoman dalam pelaksanaan tugas.

Poin-poin tersebut adalah :

1. Terus tingkatkan kualitas sumber daya manusia Polri, guna menghadapi berbagai tantangan tugas yang semakin kompleks, serta untuk mendukung terwujudnya Indonesia Emas 2045.

2. Kedepankan strategi pemolisian proaktif
dan tindakan humanis dalam mencegah
dan menangani berbagai permasalahan
sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat.

3. Terus tingkatkan kualitas pelayanan publik yang modern, mudah, murah, cepat,
secara konsisten dan berkelanjutan.

4. Tingkatkan profesionalisme dalam penegakan hukum, guna mewujudkan
penegakan hukum yang profesional, transparan, dan berkeadilan.

5. Perkuat koordinasi dan kerja sama dengan TNI, Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, serta masyarakat, dalam memelihara keamanan dalam negeri.

Turut hadir dalam upacara peringatan HUT Bhayangkara ke - 73 Ketua DPRD Talaud Max F.M Lua, Danlanal Melonguane Letkol (Mar) Augustinus Purba, Dandim 1312/Talaud yang diwakili oleh Kasdim 1312/Talaud Mayor (Inf) Sigfried W. Panaha, Kepala Bandar Udara Melonguane Saptono, Ketua Pengadilan Negeri Melonguane Julius Christian Handratmo, Pejabat pemerintah lingkup Setda serta Tokoh adat dan Tokoh Agama.
(FN)