Olly Resmi Buka Olimpiade Sains Nasional 2019 - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas


Advertisement

Olly Resmi Buka Olimpiade Sains Nasional 2019

Pembukaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA di Grand Kawanua Convention Center Manado, Senin (1/7). (Foto : Humas Pemprov Sulut).



Sulut24.com - Manado. Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey resmi membuka Olimpiade Sains Nasional  2019  (OSN) tingkat SMA yang digagas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI di Grand Kawanua Convention Center Manado, Senin (1/7/2019).

Dalam sambutannya Gubernur Sulawesi Utara mengucapkan selamat berlomba kepada peserta OSN SMA Tahun 2019.

Olly menuturkan bahwa Pemprov Sulut dan seluruh masyarakatnya menyambut gembira atas dipercayakannya Sulut oleh pemerintah pusat sebagai tuan rumah OSN SMA 2019.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang telah mempercayakan Provinsi Sulawesi Utara sebagai tuan rumah pelaksanaan OSN SMA Tahun 2019,” ucapnya.

Lanjut Olly, pelaksanaan OSN dan kegiatan kelas nasional lainnya membawa keuntungan bagi Sulut khususnya pada sektor pariwisata.

“Penyelenggaran berbagai kegiatan termasuk OSN telah membawa berkat bagi perekonomian masyarakat Sulawesi Utara,” beber Olly.

Gubernur juga mengusulkan penambahan tenaga guru di Sulut kepada Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Didik Suhardi yang hadir dalam pembukaan OSN SMA 2019.

“Saat ini hampir setiap hari selalu ada guru yang pensiun di Sulut. Saya harap Bapak Sekjen bisa menyampaikannya di pusat supaya ada penambahan guru di Sulut,” ungkapnya.

Diketahui, OSN SMA 2019 diikuti sebanyak 685 siswa dari seluruh Indonesia. Adapun khusus peserta utusan Sulut sebanyak 26 siswa. OSN SMA 2019 juga melombakan sembilan mata pelajaran yaitu kimia, geografi, informatika, biologi, ekonomi, kebumian, fisika, matematika dan astronomi.

Sementara untuk lokasi pelaksanaan OSN SMA 2019 di SMA Eben Haezar Manado, SMAN 1 Manado, SMAN 9 Manado, SMA Rex Mundi Manado, SMA St. Nikolaus Tomohon, SMA MIS Kolongan, SMKN 1 Manado dan SMKN 2 Manado.

Sekjen Kemendikbud RI Didik Suhardi yang turut hadir mengatakan bahwa OSN sebagai ajang prestasi dan arena pemilihan kandidat-kandidat terbaik Indonesia untuk mengikuti olimpiade sains tingkat internasional yang secara konsisten diikuti Indonesia hingga saat ini.

"Para siswa juga diharapkan dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, dapat belajar membangun jejaring dan menjalin persahabatan dan persatuan serta menunjukkan prestasi yang lebih membanggakan lagi dari tahun-tahun sebelumnya,” tuturnya

Menurut Suhardi, OSN dapat menjadi kawah candradimuka generasi emas Indonesia. OSN terus dikembangkan di tengah upaya memeratakan dan meningkatkan mutu pendidikan nasional.

Adapun pembukaan OSN SMA 2019 turut dihadiri perwakilan Forkopimda, Ketua TP PKK Sulut Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan, Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw, Sekdaprov Edwin Silangen, Kepala Dinas Pendidikan Sulut Grace Punuh dan para pejabat Pemprov Sulut.
(AM)