Hadiri World Cleanup Day, Binilang : Kita Perangi Sampah Plastik - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

 

Advertisement



Hadiri World Cleanup Day, Binilang : Kita Perangi Sampah Plastik


Plh Bupati Talaud Ir Adolf Binilang.
(Foto : Istimewa)

Sulut24 - Talaud, Pelaksana Harian Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud Ir. Adolf Binilang menghadiri serta turut berpatisipasi langsung dalam kegiatan bersih-bersih "World Cleanup Day" di kawasan pantai wisata kuliner Melonguane, Sabtu (21/9/2019).

Usai kegiatan tersebut, Binilang mengatakan bahwa pemerintah daerah mendukung serta turut berperan dalam membersihkan lingkungan khususnya di wilayah Talaud.

Plh Bupati Talaud bersama forkopimda dan panitia World Cleanup Day Kabupaten Talaud.
(Foto : Istimewa)

Binilang menambahkan, pihak pemerintah akan terus mendorong keterlibatan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Tenaga Harian Lepas (THL) serta masyarakat untuk menjadi relawan kebersihan, mulai dari wilayah ibu kota kabupaten sampai ke desa dan kelurahan di Talaud.

Plh Bupati Ir. Adolf Binilang saat turut serta membersihkan sampah di kawasan wisata Melonguane.
(Foto : Istimewa)

"Sehingga kegiatan bersih - bersih lingkungan menjadi budaya hidup sehat dimasyarakat, lebih dari itu juga kita memerangi sampah plastik dengan membersihkan dan mengurangi penggunaan minuman yang berwadah plastik, agar Kabupaten Kepulauan Talaud menjadi daerah yang bersih dan sehat," tutup Binilang.

Salah seorang peserta World Cleanup Day sedang membersihkan sampah.
(Foto : Istimewa)

Untuk infomasi World Cleanup Day adalah gerakan bersih-bersih terbesar di dunia dan dilaksanakan serentak di 157 negara diantaranya Indonesia.

World Cleanup Day merupakan kegiatan yang dinaungi oleh Let’s Do It World, suatu gerakan di Estonia yang didirikan oleh para inisiator asal Asia (termasuk Indonesia), Eropa, Amerika, Afrika, dan Oseania. Gerakan ini menghasilkan komitmen dari jaringan-jaringan negara yang tergabung di dalamnya untuk membebaskan bumi dari permasalahan sampah.

 Siswa-siswi dari sejumlah sekolah usai melakukan bersih-bersih sampah
(Foto : Istimewa)

Untuk Kabupaten Talaud sendiri, kegiatan World Cleanup Day turut diikuti oleh forkopimda seperti Lanal Melonguane, Kodim 1312/Talaud, Polres Kepulauan Talaud serta instansi pemerintah.

Selain itu kegiatan tersebut juga turut diikuti oleh berbagai komunitas, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), siswa-siswi dari sejumlah sekolah serta masyarakat umum.

Selain memberishkan wilayah Melonguane yang menjadi ibu kota kabupaten, kegiatan World Cleanup Day juga menyasar berbagai wilayah yang ada di desa Beo, Kabupaten Talaud.
(FN)


Advertisement





 

Advertisement