Jelang HUT TNI AL ke-74, Lanal Melonguane Canangkan 4.000 Pohon di Talaud - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

 

Advertisement



Jelang HUT TNI AL ke-74, Lanal Melonguane Canangkan 4.000 Pohon di Talaud

Danlanal Melonguane, Letkol (Mar) Augustinus Purba bersama unsur Forkopimda ikut menanam Pohon di Kecamatan Beo


Sulut24.com - Beo, Dalam rangka memperingati HUT TNI Angkatan Laut ke-74, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Melonguane mencanangkan program penanaman 4000 Pohon 'Satu Pohon Satu Jiwa', yang berlokasi di kebun tanduk, Jalan Trans Melonguane - Beo, Kecamatan Beo, Kabupaten Kepulauan Talaud, Rabu (4/9/2019) kemarin.

Danlanal Melonguane, Letkol (Mar) Augustinus Purba mengatakan alam itu perlu dirawat. Pohon-pohon perlu untuk dilestarikan.

Danlanal Melonguane, Letkol (Mar) Augustinus Purba


"Talaud itu daerah yang pulaunya jauh dari Ibukota Provinsi. Kita harus mandiri menciptakan swasembada pangan termasuk buah-buahan. Kegiatan ini juga mendukung program pemerintah dalam mengatasi atau menanggulangi pemanasan global," kata Danlanal, saat diwawancarai awak media usai kegiatan

Ia mengatakan, beberapa macam jenis pohon yang ditanam diantaranya pohon buah Matoa, Durian, Duku dan Mangga. Pohon Kemiri, Pohon Kayu Manis dan Mahoni serta Pohon Kayu Cempaka.

Pohon-pohon yang di tanam kata Danlanal, kedepannya diharapkan dapat membantu perekonomian masyarakat khususnya masyarakat Kecamatan Beo.

"Kegiatan ini bukanlah sekedar seremonial namun lebih dimaksudkan untuk memacu kita peduli lingkungan dan menggugah kesadaran masyarakat menjaga dan melestarikan alam," ucap Danlanal, saat menyerahkan bibit pohon secara simbolis kepada Kades, Lurah, dan masyarakat yang hadir saat itu.

Kata Dia, bibit-bibit pohon yang telah diberikan agar dirawat dengan baik, dan dilestarikan di daerah masing - masing.

"Bagi masyarakat yang menerima bibit tanaman ini dapat merawat dengan baik agar tumbuh subur dan menghasilkan buah," harap Danlanal

Sementara itu, Dandim 1312/Talaud Letkol (Arm) Gregorius Eka Setiawan memberikan apresiasi kepada Lanal Melonguane dan jajaran yang menjadi promotor dalam kegiatan tersebut.

"Kami mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi rekan kami Lanal Melonguane. Diketahui sekarang yang sering diangkat adalah masalah perubahan iklim," ucap Dandim

Lanjut Dandim, perubahan iklim tersebut antara lain karena adanya pemanasan global.

"Salah satu upaya universal yang dilakukan oleh masyarakat adalah melalui gerakan penghijauan. Sehingga apa yang dilakukan Lanal Melonguane merupakan sesuatu yang positif," ujarnya

Mewakili Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Talaud, Daud Malensang, turut mengapresiasi program 4.000 Pohon yang digagas Lanal Melonguane.

Ia berharap, melalui kegiatan ini, Kabupaten Talaud bisa menjadi eksportir dan penghasil buah di Sulut.

"Forkopimda sepakat bahwa kegiatan ini sangat baik. Kedepan Daerah Kepulauan Talaud diharapkan tidak lagi mengimpor buah-buahan dari luar daerah. Beberapa jenis buah sudah bisa didapat di daerah kita sendiri," ucap Asisten I Tata Pemerintahan dan Kesra Pemkab Talaud ini.

Sama halnya yang disampaikan Wakaolres Kepulauan Talaud Kompol, Maria Boki Buida. Menurut Dia, dengan adanya gerakan peduli lingkungan ini, masyarakat dapat terlibat langsung dan turut menjaga kelestarian alam Talaud.

"Polri mendukung kegiatan positif seperti ini. Diharapkan masyarakat juga terlibat aktif dalam gerakan peduli lingkungan ini," pungkasnya

Diketahui, usai melaksanakan kegiatan pencanangan 4.000 Pohon ini, semua unsur Forkopimda yang hadir, secara simbolis memberikan bibit pohon kepada setiap desa dan kelurahan.

Selanjutnya, pohon-pohon tersebut akan ditanam dan dilestarikan di daerahnya masing - masing.

Kegiatan ini juga turut dihadiri Palaksa Lanal Melonguane, Mayor laut (KH) Ramadhan, Danposal Talaud Lettu Laut (S) Junaidi Abdilah, Perwira Staf dan Anggota Lanal Melonguane, Kapolsek Beo Ipda Johan Atang, Camat Beo Festus Pangendaheng, para Lurah, Kades, Ibu-ibu Jalasenastri dan tamu undangan lainnya. (MT).


Advertisement





 

Advertisement