Masuk Level Waspada, Sejumlah Desa di Bolmong Terancam Krisis Air Bersih - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

 

Advertisement



Masuk Level Waspada, Sejumlah Desa di Bolmong Terancam Krisis Air Bersih


Antrian warga saat menunggu penyaluran air bersih dari pihak BPBD Bolmong.
(Foto : BPBD Bolmong)

Sulut24
- Bolmong, Musim kemarau berkepanjangan yang melanda hampir di seluruh wilayah Sulawesi Utara, khususnya di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) makin dirasakan dampaknya oleh masyarakat.

Selain gagal panen, kebutuhan akan air bersih untuk masak dan minum, dan dipakai untuk kebutuhan sehari - hari semakin sulit didapatkan warga akibat sumber air (sumur) banyak yang kering.

Untuk memenuhi kebutuhan warga masyarakat akan air bersih, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bolmong dan PDAM melakukan distribusi air bersih untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Setelah sebelumnya desa Bolangat Timur dan Desa Lolan II, pada Rabu (25/9/2019) kemarin, penyaluran air bersih dilakukan di Desa Bintau dan Desa Wangga Kecamatan Passi Barat.

"Masing-masing Desa 10.000 Liter dengan dukungan armada unit tangki air BPBD dan PDAM kapasitas 5000 L. Hal ini dilakukan, sebagai bentuk kepedulian Pemkab Bolmong dalam hal ini, Bupati dan Wakil Bupati," ujar Kepala Pelaksana BPBD Bolmong Haris Dilapanga, dalam keterangan tertulis yang diterima Media ini, Rabu (25/9/2019) kemarin.

Warga saat mengambil air bantuan dari BPBD Bolmong
(Foto : BPBD Bolmong)

Menurut Kepala Pelaksana BPBD Bolmong, berdasarkan siaran pers terkait Peringatan Dini Kekeringan Meteorologis BMKG Stasiun Klimatologi Minut yang di update 22 September 2019, wilayah Bolaang Mongondow sudah masuk pada level waspada.

"Untuk wilayah kecamatan Bolaang dan kecamatan Dumoga, diperkirakan desa yang mengalami krisis air bersih akan bertambah," beber Dilapanga.

Berdasarkan data dari Pusdalops 24/7 BPBD Kabupaten Bolaang Mongondow, total keseluruhan air bersih yang sudah disalurkan, adalah sebagai berikut :
- Desa Bolangat Timur = 25.000 Liter
- Desa Lolan II = 10.000 Liter
- Desa Bintau = 10.000 Liter
- Desa Wangga = 10.000 Liter

Sedangkan, permintaan air bersih dari Pemerintah Desa yang masuk di BPBD Bolmong sampai hari ini, sudah 6 Desa yaitu :
1. Kecamatan Sang Tombolang
- Desa Bolangat Timur
2. Kecamatan Bolaang Timur
- Desa Lolan
- Desa Lolan II
3. Kecamatan Poigar
- Desa Nonapan (masih dilakukan assesment)
4. Kecamatan Passi Barat
- Desa Bintau
- Desa Wangga
(Melky Zedeck)


Advertisement





 

Advertisement