Menteri Agama RI Berikan Kuliah Umum Untuk Mahasiswa IAIN Manado - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Menteri Agama RI Berikan Kuliah Umum Untuk Mahasiswa IAIN Manado

Menteri Agama Republik Indonesia Lukman Hakim Saifuddin Saat Memberikan Kuliah Umum di IAIN Manado (17/9). 


Sulut24.com - Manado, Menteri Agama Republik Indonesia Lukman Hakim Saifuddin dalam rangka Kunjungan kerjanya di Kota Manado Provinsi Sulawesi Utara, selain membuka kegiatan Kompetisi Sains Madrasah ke - 8 juga berkesempatan memberikan Kuliah Umum untuk Mahasiswa IAIN Manado (17/9).

Kuliah umum yang mengangkat tema Peran Perguruan Tinggi Islam dalam pengembangan moderasi beragama di Indonesia ini, Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin mengatakan bahwa . Indonesia dengan ideologi dasar Pancasila menjunjung tinggi nilai-nilai keagamaan sebagaimana yang tercermin pada sila pertama yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa.

"Pendidikan Agama memiliki hukum yang mutlak untuk terus dipertahankan dan dikembangkan, hal tersebut dapat dikatakan demikian karena manusia tidak bisa dipisahkan agama karena hal tersebut akan tercermin dalam kehidupan bermasyarakat sehari-hari" ujarnya.

Lebih jauh Menteri Agama RI menjelaskan bahwa pada dasarnya agama memiliki sifat yang mutlak dan sempurna untuk dianut oleh seluruh masyarakat Indonesia, namun sikap berlebihan yang dimiliki oleh beberapa golongan masyarakat sering kali menyebabkan suatu agama dinilai tidak baik untuk berada pada suatu lingkungan masyarakat.

BACA JUGA :
Menteri Agama RI Resmi Buka Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Nasional di Kota Manado

"Oleh sebab itu, eksistensi Perguruan Tinggi Agama di lingkungan masyarakat Indonesia dinilai sangat penting untuk memperkuat nilai-nilai agama terhadap masyarakat. Hal tersebut bertujuan agar tidak ada lagi pemahaman-pemahaman yang salah dalam menafsirkan suatu agama dan mencegah munculnya pemikiran radikal terhadap suatu agama", pungkasnya.

Kuliah Umum yang diselenggarakan oleh Kemenag RI dihadiri Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin, Direktur Kurikulum Sarana Prasarana Kesiswaan dan Kelembagaan (KSKK) Madrasah Ahmad Umar, Kakanwil Kemenag Sulut Abdul Rasyid, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulut KH Abdul Wahab Abdul Gofur, Ketua FKUB Sulut Lucky Rumopa, Kepala Dinas Pendidikan Prov. Sulut Liesje Grace L. Punuh, Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado Delmus Puneri Salim, Rektor Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado Jean Tulung, Perwakilan Kakanwil Kemenag se-Indonesia, guru dan peserta didik Madrasah se-Prov. Sulawesi Utara.
(YA)