Mulai 3 Oktober! Wings Air Akan Tutup Rute Manado ke Naha dan Melonguane - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Mulai 3 Oktober! Wings Air Akan Tutup Rute Manado ke Naha dan Melonguane


Bandar Udara Melonguane

Sulut24 - Talaud, PT. Wings Air mengumumkan mulai 3 Oktober 2019 mendatang, akan menutup tujuh rute penerbangan di Indonesia, termasuk dua rute ke Kabupaten Kepulauan Talaud, dan Sangihe di Provinsi Sulawesi Utara.

Kedua rute penerbangan itu yakni, Manado (MDC) – Naha (NAH) di Sangihe dan rute MDC – Melonguane (MNA) di Kepulauan Talaud.

Hingga saat ini, pihak maskapai masih belum bisa memberikan batas waktu sampai rute penerbangan tersebut kembali dibuka.

Seperti dikutip dari detik.com, Corporate Communications Strategic of Wings Air, Danang Mandala Prihantoro mengatakan, penutupan rute ini dikarenakan setiap penerbangan yang dilakukan Wings Air, masih mengalami kerugian.

"Wings Air melakukan (penutupan rute) karena dalam setiap penerbangan yang Wings Air lakukan masih mengalami kerugian serta jumlah penumpang yang belum optimal," kata Prihantoro kepada Wartawan detik.com.

Kata Prihantoro, penyebab kerugian paling utama adalah harga bahan bakar yang jatuh diatas harga avtur yang dikenakan di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang yaitu per liter Rp 7.970, untuk di Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi, Sulawesi Utara per liter Rp 10.080, Bandar Udara Internasional Eltari, Kupang, Nusa Tenggara Timur per liter Rp 9.970, Bandar Udara Mutiara Sis Al-Jufri, Palu, Sulawesi Tengah per liter Rp 10.080, Bandar Udara Internasional Raja Haji Fisabillillah, Tanjung Pinang, Kepulauan Riau per liter Rp 9.540.

Ketika dikonfirmasi Sulut24.com, Airport Manager PT. Wings Air Melonguane, Alfian Sumolang, membenarkan rencana penutupan rute Manado (MDC) - Melonguane (MNA) per 3 Oktober mendatang.

"Jadi untuk rencana penutupan rute Manado (MDC)-Melonguane (MNA) pulang pergi, tanggal 3 Oktober 2019, saya kira ini sebagai dampak dari besarnya biaya operasional terlebih khusus untuk biaya bahan bakar," ujar Sumolang, Kamis (26/9/2019) melalui pesan Whatsapp yang diterima media ini.

Namun Ia berharap, semoga rute ini tidak jadi ditutup untuk mengakomodir kepentingan masyarakat pengguna transportasi udara, tentunya terhadap perkembangan daerah ini, apalagi waktu tempuh dengan jalur laut membutuhkan waktu yang lumayan panjang.

"Ini memang pilihan yang sulit, tapi ini adalah salah satu konsekuensi yang harus diambil PT. Wings Air," tambah Sumolang.

Berikut Tujuh Penghentian Rute Wings Air Mulai 3 Oktober 2019 sampai pemberitahuan lebih lanjut atau batas waktu yang tidak ditentukan, yang telah dikeluarkan pihak Wings Air:

1. Batam (BTH) – Tanjung Pinang (TNJ), Kepulauan Riau.
2. Palu (PLW) – Morowali (MOH), Sulawesi Tengah.
3. Palu (PLW) – Ampana (OJU), Sulawesi Tengah.
4. Kupang (KOE) – Rote (RTI), Nusa Tenggara Timur.
5. Manado (MDC) – Kao (KAZ), Maluku Utara.
6. Manado (MDC) – Naha (NAH), Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara.
7. Manado (MDC) – Melanguane (MNA), Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara.

Penulis : Melky Zedeck
Editor : Tim Redaksi Sulut24