Bank SulutGo Terapkan Kasda Online di Lingkungan Pemkab Talaud, Ini Dampak Positifnya! - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

 

Advertisement



Bank SulutGo Terapkan Kasda Online di Lingkungan Pemkab Talaud, Ini Dampak Positifnya!


Grand Launching Kasda Online Bank SulutGo di Kantor BPKAD Talaud. (Foto: Melky Zedeck/ Sulut24.com)
Sulut24 - Talaud, PT. Bank Sulawesi Utara dan Gorontalo (Bank SulutGo) terus berupaya meningkatkan pelayanan sekaligus mendukung program Pemerintah daerah (Pemda) dalam mencapai pengelolaan keuangan daerah yang baik, transparan dan akuntabel.

Hal ini diwujudkan dalam acara Grand Launching Kas Daerah (Kasda) Online V.1 dan V.2 di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Talaud, Senin (30/9/2019).

Acara yang berlangsung di lobby utama Kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) ini, dihadiri Plh Bupati Kepulauan Talaud, Ir. Adolf Binilang, Direktur Kepatuhan Bank SulutGo Meiky T. Taliwuna, Kepala Bank SulutGo Cabang Melonguane, Steven Rembet, Manager Kantor Kas Bupati Kepulauan Talaud, Meilany Saweduling, serta sejumlah pejabat SKPD dijajaran Pemkab Talaud.

BACA JUGA :
Binilang: Kehadiran Kasda Online Bank SulutGo Memberikan Banyak Manfaat

Dengan diterapkannya sistem tersebut, Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sulawesi Utara, Sofyan Antonius mengatakan, BPKP sangat mengapresiasi langkah Pemkab Talaud yang bekerjasama dengan Bank SulutGo untuk dapat mengoperasikan Kasda Online sebagai implementasi dari Surat Edaran Mendagri No. 910/1866/SJ dan 910/1867/SJ tanggal 17 April 2017, tentang Implementasi Transaksi Non - Tunai pada Pemerintah Daerah.

"Kami dari Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara berharap, ini menjadi suatu nilai maju di Kabupaten Talaud. Dimana dapat bekerjasama dengan Bank SulutGo untuk membuat suatu Kasda Online," ujar Sofyan, kepada awak media ketika diwawancarai.

Grand Launching Kasda Online Bank SulutGo di Kantor BPKAD Talaud. (Foto: Melky Zedeck/ Sulut24.com)

Mantan Kepala Sub Direktorat Hankam ini mengungkapkan, banyak keuntungan yang didapatkan Pemerintah Daerah, terutama bagi pembuatan akuntabilitas yang lebih baik.

"Dengan adanya Kasda Online ini akan membuat efisiensi, dan efektifitas suatu pekerjaan dari Pemerintah Daerah. Kami harapkan, dengan adanya Kasda Online nantinya semua kinerja dari Pemkab Talaud dapat terukur dengan baik, terutama teman - teman di keuangan. Semuanya dapat bekerja dengan efisien karena sudah dilaksanakan dengan Kasda Online," kata Sofyan

BACA JUGA :
Pemkot Bitung Gelar Rakor Penanganan Bencana

Mudah-mudahan, lanjut Dia, semua penyimpangan (masalah keuangan - red) bisa diperkecil atau bahkan dihilangkan sama sekali karena tidak lagi dengan transaksi tunai, tapi sudah lebih banyak dengan transaksi non-tunai.

"Itu yang kami harapkan dengan Kasda Online ini, mudah-mudahan kinerja dari Pemkab Talaud bisa lebih baik, dan pencapaian - pencapaian kedepannya bisa dipertahankan. Seperti WTP, LPDB, dan sebagainya, bisa tercapai seperti yang diharapkan kita bersama," ungkap pria yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Perwakilan BPKP di Provinsi Sulteng ini.

Grand Launching Kasda Online Bank SulutGo di Kantor BPKAD Talaud. (Foto: Melky Zedeck/ Sulut24.com)

Melalui Kasda Online ini, diharapakan dapat memberi dampak positif terhadap pelayanan publik dan hal ini dapat dirasakan pemerintah, diantaranya mengurangi resiko pengembalian berkas SP2D (Surat Perintah Pencairan Dana), memudahkan pemerintah dalam memantau transaksi keuangan daerah, mempercepat proses pembayaran atas realisasi SP2D kepada pihak ketiga dan memudahkan pemerintah melakukan rekonsiliasi keuangan.

Diketahui, Grand Launching Kasda Online ini, Kabupaten Talaud menjadi daerah terakhir dari 15 Kabupaten / Kota di Provinsi Sulawesi Utara yang mulai menerapkan sistem tersebut, setelah
menandatangani nota kesepahaman (MOU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Bank SulutGo belum lama ini.

Penulis : Melky Zedeck
Editor : Tim Redaksi Sulut24


Advertisement





 

Advertisement