Binilang: Kehadiran Kasda Online Bank SulutGo Memberikan Banyak Manfaat - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

 

Advertisement



Binilang: Kehadiran Kasda Online Bank SulutGo Memberikan Banyak Manfaat


Simbolis: Direktur Kepatuhan Bank SulutGo, Meiky T. Taliwuna (tengah) didampingi Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara, Sofyan Antonius (kiri), saat menyerahkan User Kasda Online kepada Plh Bupati Kepulauan Talaud, Ir. Adolf Binilang. (Foto: Melky Zedeck/ Sulut24.com)

Sulut24 - Melonguane, PT. Bank SulutGo akan terus mendukung kesungguhan pemerintah di Kabupaten Kepulauan Talaud dalam melakukan perbaikan demi perbaikan yang meliputi kebijakan akuntansi, memperbaiki sistem pembukuan dan pencatatan terhadap transaksi - transaksi keuangan.

Serta perbaikan dalam pengelolaan aset melalui inventaris aset & penatausahaan yang lebih tertib, serta meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) terutama yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan daerah yang dimulai dari tingkat pelaksana sampai manajemen.

Dengan demikian, setiap pengambilan keputusan yang mempengaruhi kekayaan daerah telah mengacu pada ketentuan Undang-Undang serta azas transparansi dan akuntabilitas.

BACA JUGA :
Bank SulutGo Terapkan Kasda Online di Lingkungan Pemkab Talaud, Ini Dampak Positifnya!

Hal ini pun, disambut baik Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Talaud. Plh Bupati, Ir. Adolf Binilang mengatakan pemerintah sangat bersyukur bahkan memberikan apresiasi yang luar biasa kepada Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sulawesi Utara yang telah memfasilitasi Pemkab Talaud dengan Bank SulutGo untuk bekerjasama.

"Yang namanya aplikasi Kasda Online ini boleh dilaksanakan di Kabupaten Talaud, ini memberikan manfaat yang sangat besar untuk daerah ini kedepannya," kata Adolf saat menghadiri Grand Launching Kasda Online V.1 & V.2 di Kantor BPKAD Talaud, Senin (30/9/2019) lalu.

Foto bersama: Kaban BPKAD Talaud Gustaf Atang, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara Sofyan Antonius, Plh Bupati Kepulauan Talaud Ir. Adolf Binilang, Manager Kantor Kas Bupati Kepulauan Talaud Meilany Saweduling, dan Kepala Bank SulutGo Cabang Melonguane Steven Rembet (kiri ke kanan)

Ia berharap penerapan sistem Kasda Online dapat membantu pengelolaan keuangan di Kabupaten Talaud menjadi lebih efisien dan efektif sehingga boleh berada pada aturan-aturan sebagaimana dipersyaratkan.

"Ini juga memang perintah dari Pak Mendagri untuk supaya kita boleh melaksanakan pengelolaan keuangan ini dengan aplikasi Kasda Online," tutur mantan Sekretaris Daerah Setdakab Talaud ini.

Selain itu, penerapan Kasda Online sebagai bentuk Implementasi sistem pengendalian intern untuk peningkatan tata kelola pemerintahan di Kabupaten Kepulauan Talaud.

"Sehingga untuk raihan WTP kedepan, sudah menjadi komitmen kita disamping hal-hal lain yang harus kita laksanakan. Secara kesistiman betul-betul terpenuhi. Disamping WTP, juga ada variabel lain atau indikator-indikator lain yang terus kita mantapkan sehingga menjadi satu kesatuan sistim yang terselenggara secara komprehensif. Itu yang menjadi target kita," ungkap Binilang

Tak hanya itu, Kasda Online Bank SulutGo akan mengeluarkan versi lainnya yang nantinya akan digunakan untuk pengawasan dan pengelolaan Dana Desa agar lebih baik, transparan dan akuntabel.

"Semua akan kearah sana, karena apapun yang menjadi pengelolaan di Kabupaten ini, akan terintegritrasi sehingga pemerintah akan merasakan banyak manfaat yang besar untuk Kabupaten Kepulauan Talaud," kuncinya

Kas Daerah (Kasda) Online merupakan sistem yang memungkinkan pengelola kas daerah dapat berinteraksi langsung dengan sistem yang ada di bank daerah secara terpadu. Dengan Modul Kasda terpadu, bendahara umum daerah dapat melakukan transaksi pemindahbukuan dan melihat mutasi rekening kas daerah secara realtime.

Penulis : Melky Zedeck
Editor : Redaksi Sulut24


Advertisement





 

Advertisement