Duduk Di DPRD Untuk Layani Masyarakat Talaud - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Duduk Di DPRD Untuk Layani Masyarakat Talaud



Gerson Essing SH Anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Talaud Periode 2019-2024.

Sulut24 – Talaud, Setelah menunggu beberapa bulan, akhirnya 25 (Dua puluh lima) anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Talaud periode 2019-2024 resmi dilantik pada Sabtu (21/09/2019) di aula DPRD.

Pelantikan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kepulauan Talaud periode 2019-2024 tersebut, didasari oleh surat Keputusan Gubernur Sulawesi Utara Nomor 336 Tahun 2019 tanggal 6 September 2019 tentang  peresmian pengangkatan anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Talaud masa jabatan tahun 2019-2024.

Dalam pelantikan tersebut terdapat wajah-wajah lama yang kembali dipercaya untuk menjadi penyambung suara rakyat, selain wajah lama ada juga wajah-wajah baru yang mendapat kepercayaan masyarakat untuk duduk di kursi DPRD Kabupaten Kepulauan Talaud. 

Gerson Essing SH Anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Talaud Periode 2019-2024 bersama isteri usai acara pengambilan sumpah janji Anggota DPRD Talaud.

Gerson Essing SH merupakan salah satu Tokoh muda Talaud yang turut mendapat kepercayaan untuk menduduki salah satu kursi DPRD  Kabupaten Kepulauan Talaud.  Ketua PAC PDIP Kecamatan Melonguane ini duduk menjadi anggota Dewan Talaud dengan raihan suara lebih dari 800 suara sah masyarakat Talaud di daerah pemilihan satu Kabupaten Talaud.

Gelar Pesta Rakyat Dan Ritual Adat

Mengucap syukur atas kepercayaan yang diberikan kepadanya, Gerson Essing yang juga anggota majelis jemaat GERMITA EBEN-HAEZAR Melonguane mengadakan pesata rakyat dan ritual adat "PAPANSUNGE LAI TATAHULANDIM" pada Sabtu (28/9/2019), ritual tersebut bertujuan meminta perlindungan dari Tuhan Yang Maha Kuasa agar dalam melaksanakan tugas ke depan akan selalu berhasil, jauh dari tantangan yang melampaui kemampuanya serta selalu dalam tuntunan dan lindungan Tuhan sang pemilik langit dan bumi.

Suasana pesta rakyat dan ritual adat.

“Terimakasih kepada semua tamu undangan yang sudah berkenan hadir dalam acara pesta rakyat ini, dan terimakasih atas kepercayaan yang sudah diberikan kepada saya untuk duduk di DPRD mewakili suara masyarakat Talaud khususnya daerah pemilihan satu,”


Gerson Essing SH bersama keluarga saat memberikan puji-pujian dalam
pesta rakyat dan ritual adat.

“Saya juga meminta kapada kader dan simpatisan PDIP agar tetap solid dan jangan segan – segan  menegur saya apabila dinilai lalai dalam mejalankan tugas memperjuangkan aspirasi masyarakat di DPR,” ucap pria yang akrab disapa Soni saat memberikan sambutan penutup pesta rakyat tersebut.

Visi dan Misi Sebagai Anggota Dewan

Meski baru menempati kursi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kepulauan Talaud pada periode baru ini, Namun Ketua Asosiasi Becak Motor (Bentor) Melonguane ini telah meiliki visi-misi yang kuat dan berpihak kepada masyarakat

“Sebagai anggota  DPRD Talaud yang baru, tentu akan melakukan kerja kerja politik yang lebih berpihak pada kepentngan rakyat seperti petani, nelayan, pedagang kecil yang sangat membutukan penguatan dari pemerintah.  Apalagi  selama ini banyak yang terabaikan akibat penyalahgunaan wewenang karnah pekatnya nuansa kepentingan politik,” jelas Essing, Senin (30/9/2019).

Masalah Priortitas Yang Harus Segera Diselesaikan

Menurut pandangan Essing, masalah prioritas yang saat ini harus cepat diselesaikan adalah terkait dengan pelantikan pimpinan daerah Kabupaten Talaud. Menurutnya hal tersebut harus cepat diselesaikan agar ada kepastian ditengah masyarakat kabupaten Talaud.

”Bersama Plh Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud Ir Adolf Binilang, nantinya kami akan berusaha untuk  mempercepat penyelesaian masalah yang masi menggantung yaitu pelantikan bupati dan wakil bupati devinitif hasil pilkada Talaud 2018 atau pelantikan Pjs Bupati Talaud agar masyarakat mendapat kepastian hukum demi kebaikan dan percepatan pembangunan di Talaud. Pimpinan daerah yang saat ini berstatus Plh tentunya mempunyai keterbatasan tertentu dalam melakukan pengambilan kebijakan,” tutur Essing.

Selain itu, mengembalikan wibawah dan kepercayaan rakyat banyak  kepada pemerintah daerah akibat banyaknya masalah hukum yang menjerat oknum pejabat seperti kasus korupsi yang merugikan rakyat merupakan salah satu agenda peting yang harus segera diselesaikan. Agenda penting lainnya menurut Essing adalah merekatkan kembali kelompok masyarakat yang terbelah akibat pilkada 2018.

Tanggapan Mundurnya Wings Air Dari Talaud

Anggota DPRD yang juga Ketua PAC PDIP mengatakan, DPRD nantinya akan bersama-sama dengan pemerintah untuk mencari solusi terkait berhentinya operasi maskapai Wings Air rute Manado-Melonguane-Miangas dan akan mencoba melakukan negosiasi dengan pihak manajemen maskapai Wings Air. Namun menurutya jika tidak tercapai kesepakatan antara pemerintah dengan pihak manajemen Wings Air, maka pihak pemerintah harus mencari maskapai lain yang bersedia melayani penerbangan ke Talaud.

“Jika tidak ada lagi penerbangan Melonguane-Manado, maka akan mengganggu jalanya percepatan pelayanan pemeritah kepada masyarakat, juga akan berdampak negatif terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Talaud yang sangat membutukan percepatan ekstra karena nanti akan teringgal dari daerah lain yang ada di Provinsi Sulawesi Utara,” ucap Gerson Essing.

Penulis : Koldius Maratade

Editor : Tim Redaksi Sulut24