Gelar Cerdas Cermat, Lanal Melonguane Mantapkan Wasbang Pelajar Di Pulau Terluar - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Gelar Cerdas Cermat, Lanal Melonguane Mantapkan Wasbang Pelajar Di Pulau Terluar


Pembukaan lomba cerdas cermat di Aula BKPSDM, Selasa (29/10/2019)

Sulut24.com - Talaud, Sedikitnya ada 23 regu dari sejumlah Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara (Sulut), mengikuti lomba cerdas cermat yang diselenggarakan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Melonguane, di Aula BKPSDM, Selasa - Rabu (29 - 30) Oktober 2019.

Kegiatan tersebut dilaksanakan guna memantapkan wawasan kebangsaan (wasbang) dan cinta tanah air dalam rangka pemberdayaan wilayah pertahanan laut, khususnya di wilayah pulau - pulau kecil terluar Indonesia.

Komandan Lanal Melonguane Letkol (Mar) Augustinus Purba mengatakan, cerdas cermat ini sebagai salah satu strategi untuk memantapkan wawasan kebangsaan dan rasa cinta tanah air sehingga para generasi muda dapat memaknai perbedaan sebagai berkah untuk membangun kehidupan berbangsa dan bernegara.

Danlanal Melonguane, Letkol (Mar) Augustinus Purba saat memberikan sambutan di Aula BKPSDM, Selasa (29/10/2018) kemarin.

“Besar harapan kita bahwa kegiatan ini dapat memantapkan wawasan kebangsaan, menanamkan rasa cinta tanah air dan juga di tangan generasi penerus kita, para remaja ini bisa menerima perbedaan suku bangsa, bahasa, budaya dan agama dalam mewujudkan persatuan Indonesia,” ucap Purba dalam sambutannya.

Melalui cerdas cermat ini, kata Purba, kita juga turut mensukseskan program SDM Unggul yang dicanangkan Presiden Indonesia Joko Widodo.

Sejumlah pelajar SMP di Talaud mengikuti lomba cerdas cermat wasbang & cinta tanah air yang digelar Lanal Melonguane

“Pembinaan SDM unggul, sebagaimana yang diprogramkam Bapak Presiden Jokowi itu dimulai sejak dini. Kita harus memfokuskan pada wawasan kebangsaan dalam hal ini empat pilar yang akan kita kedepankan,” tambahnya

Pemerintah daerah pun mengapresiasi kegiatan positif yang dilaksanakan oleh anggota matra laut ini. Diungkapkan Plh Bupati Kepulauan Talaud, Adolf Binilang, lomba ini dapat menumbuhkembangkan semangat generasi muda dalam meningkatkan bakat dan kemampuan, termasuk menjaga keutuhan NKRI.

“Tentunya ini menjadi motivasi bagi anak-anak kita, sehingga mereka bisa menjadi generasi muda yang tangguh, unggul untuk nantinya bisa bersaing dimanapun mereka berada. Sebagai anak bangsa orang Talaud bagian dari bangsa Indonesia harus dikuatkan semangat nasionalismenya agar mereka tetap kuat dalam menjaga NKRI ini dan menjadi generasi yang bisa diandalkan,”  kata Binilang, saat membuka kegiatan tersebut secara resmi.

Disela-sela kegiatan, Pabandya Hankuatmas Ban VI Wiltasla Spotmar TNI AL / Katim Spotmar Mabesal, Letkol Laut (P) Hari Budiman menyampaikan, kegiatan ini merupakan penjabaran program pemberdayaan pertahanan laut TNI AL yang dilakukan di seluruh wilayah NKRI, khusus di pulau-pulau kecil terluar.

“Program ini bukan hanya di Talaud saja. Sebelumnya ada di Tahuna, ada di Alor. Pokoknya di wilayah-wilayah pulau kecil terluar,” singkat Hari Budiman.

Pembukaan kegiatan ini turut dihadiri Dandim 1312/Talaud Letkol (Arm) Gregorius Eka Setiawan, Ajun Jaksa Kejari Kepulauan Talaud Godang Kris Paulus Siboro dan Panitera Pengadilan Negeri Melonguane Temu P. Tambariki.

Selain cerdas cermat, Lanal Melonguane juga menggelar ceramah pemantapan wawasan kebangsaan dan rasa cinta tanah air yang diikuti oleh kepala-kepala desa dan masyarakat, dengan pemateri Letkol Laut (P) Hari Budiman M. Tr.

Penulis : Melky Zedeck 
Editor : Redaksi Sulut24