Jokowi-Ma'ruf Resmi Jabat Presiden Dan Wakil Presiden Periode 2019-2024 - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Jokowi-Ma'ruf Resmi Jabat Presiden Dan Wakil Presiden Periode 2019-2024


Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo dan Wakil Presiden Republik Indonesia Prof. Dr. K.H. Ma'ruf Amin
(Foto: CNN Indonesia)

Sulut24.com - Jakarta, Presiden Ir. Joko Widodo dan Prof. Dr. K.H. Ma'ruf Amin resmi menjabat sebagai presiden dan wakil presiden periode 2019-2024 usai dilantik Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) pada Minggu (20/10/2019) di  Gedung DPR/MPR, Jakarta.

Prosesi pelantikan presiden dan wakil Presiden tersebut dipimpin oleh Ketua MPR Republik Indonesia Bambang Soesatyo dan di dampingi oleh para wakil ketua MPR.

Usai sambutan pembukaan oleh ketua MPR, prosesi pelantikan kemudian dilanjutkan dengan mengucapkan sumpah dan janji presiden dan wakil presiden terpilih.

"Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban sebagai presiden presiden dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan semua undang-undang dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada nusa dan bangsa," ucap Jokowi mengucapkan sumpahnya.

Setelah presiden, pengucapan sumpah dan janji dilanjutkan oleh wakil presiden.

"Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban sebagai presiden wakil presiden dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan semua undang-undang dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada nusa dan bangsa," kata Ma'ruf Amin mengucapkan sumpahnya.

Usai pengucapan sumpah dan janji, presiden dan wakil presiden serta ketua MPR dan wakil ketua MPR kemudian menandatangani berita acara pelantikan.

Usai penandatanganan berita acara, ketua MPR kemudian menyatakan bahwa Ir. Joko Widodo dan Prof. Dr. K.H. Ma'ruf Amin secara resmi telah menjadi presiden dan wakil presiden periode 2019-2024.

Rencananya Presiden Jokowi akan mengumumkan susunan kabinetnya pada Senin (21/10) besok.
(FN)