Ketua Bawaslu Sulut Buka Kegiatan Pelatihan Peningkatan SDM Jelang Pilkada 2020 - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Ketua Bawaslu Sulut Buka Kegiatan Pelatihan Peningkatan SDM Jelang Pilkada 2020


Ketua Bawaslu Sulut Herwyn J.M Malonda, Kepala Sekertariat Bawaslu Sulut  Greity Tuturoong dan kepala Sub Bagian Administrasi Wiendra C. Sumee

Sulut24.com - Manado, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Utara Herwyn J.M Malonda membuka kegiatan pelatihan dan peningkatan SDM dalam penyusunan rencana kerja anggaran belanja hibah dan persiapan penandatanganan NPHD Pilkada 2020, Senin (30/9/2019).

Pembukaan kegiatan yang digelar di Mercure Manado Tateli Resort And Convention tersebut diawali dengan laporan yang disampaikan oleh kepala Sub Bagian Administrasi Wiendra C. Sumee.

Dalam laporan awal, Sumee menyampaikan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk menciptakan pemahaman dalam proses pengelolaan dana hibah yang transparan dan akuntabel dalam rangka penyelenggaraan Pilkada tahun 2020.

Usai paparan laporan, Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian oleh Kepala Sekertariat Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara Greity Tuturoong yang turut mendampingi ketua Bawaslu.

Dalam penyampaiannya dihadapan peserta kegiatan tersebut, Tuturoong mengatakan bahwa nantinya akan ada beberapa narasumber yang akan memberikan materi terkait pengelolaan dana hibah kepada seluruh peserta kegiatan tersebut.

"Dalam kegiatan beberapa hari ini akan ada beberapa narasumber yang akan menyampaikan materi terkait proses penyususan, pengelolaan maupun pertanggungjawaban anggaran hibah, baik pilbup maupun wali kota," jelas Tuturoong.

Lebih lanjut, kepala sekertariat mengatakan narasumber yang akan memberikan materi diantaranya adalah pimpinan Bawaslu Provinsi, Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN).

Sebelum membuka kegiatan tersebut, dalam arahannya kepada peserta, ketua Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara Herwyn J.M Malonda berharap agar nantinya pendampingan dari pemeriksa keuangan dapat berjalan efektif.

"Kami berharap nantinya pendampingan dari pemeriksa itu intensif, kita tidak mau ketika diakhir, pemeriksa datang. BPKP akan kita libatkan nantinya," tandas Ketua Bawaslu.

"Usahakan kita tidak hanya sukses dalam pengawasan tapi juga sukses dalam pengelolaan keuangan," lanjutnya.

Ketua Bawaslu, Kepala Sekertariat Bawaslu bersama peserta kegiatan

Selain itu ketua bawaslu juga meminta kepada seluruh peserta agar dapat mengembangkan kegiatan-kegiatan inovatif di daerah masing-masing.

"Kami harap nanti ada kegiatan inovatif terkait pencegahan pelanggaran dari Bawaslu masing-masing kabupaten/kota," ujar Malonda

Usai memberikan arahan, Ketua Bawaslu Provinsi kemudian membuka dengan resmi kegiatan tersebut.

Diketahui kegiatan pelatihan tersebut akan dilaksanakan selama tiga hari sampai pada rabu 2 Oktober 2019 dan diikuti oleh 75 pesrta yang terdiri dari 3 Pimpinan Bawaslu kabupaten/kota Sulawesi Utara yang melaksanakan Pilkada, Kordinator divisi SDM Bawaslu kabupaten/kota, kordinator sekertariat bawaslu kabupaten/kota, bedahara pengeluaran pembantu kabupaten/kota serta staf Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara.

Penulis : FN 
Editor : Redaksi Sulut24