Lanal Melonguane Prakarsai Penanaman 2500 Bibit Mangrove - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Lanal Melonguane Prakarsai Penanaman 2500 Bibit Mangrove


Peserta kegiatan melakukan penanaman bibit Mangrove 

Sulut24 - Talaud, Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Melonguane menggelar penanaman bibit pohon Mangrove di kawasan pantai Desa Kiama Induk, Kecamatan Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Senin (7/10/2019).

Kegiatan penanaman bibit Mangrove tersebut digelar masih dalam rangkaian HUT TNI ke-74.

Kegiatan dengan tema "Selamatkan Bumi Untuk Anak Cucu Kita" itu juga turut dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia dan merupakan pemecahan Rekor Muri dengan jumlah bibit pohon yang ditanam serentak sebanyak 300.074 pohon.

Dalam sambutannya, Danlanal Melonguane Letkol (Mar) Augustinus Purba yang diwakili Palaksa Lanal Melonguane Mayor Laut (KH) Ramadhan menyampaikan bahwa tema "Selamatkan Bumi Untuk Anak Cucu Kita" diangkat oleh pimpinan TNI dan tujuannya adalah untuk menyadarkan semua pihak agar segera bertindak untuk menyelamatkan lingkungan.

"Pada pelaksanaan kali ini, TNI menanam Mangrove sebanyak 300.074 bibit diseluruh Indonesia. Khusus di Kabupaten Kepulauan Talaud, TNI yang dipelopori oleh Lanal Melonguane menanam bibit Mangrove sebanyak 2500 bibit," tutur Palaksa.

Palaksa Lanal Melonguane saat melakukan penanaman bibit Mangrove bersama salah seorang Siswi Pramuka Saka Bahari 

"Dengan jumlah bibit yang cukup banyak ini, diharapkan memberi dampak positif bagi daerah Kabupaten Kepulauan Talaud  khususnya di desa Kiama Induk ini," tambahnya.

Untuk itu, Palaksa menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk mengambil bagian dalam merawat bibit yang ditanam tersebut agar bibit Mangrove dapat benar-benar tumbuh dan dapat mengurangi abrasi pantai.

Palaksa menambahkan sebelumya juga telah digelar kegiatan serupa yaitu penanaman bibit Mangrove yang dilaksanakan di desa Mala dan desa Alo.

Siswa-Siswi SMA dan SMK saat melakukan penanaman bibit Mangrove

Palaksa berharap agar kedepannya seluruh masyarakat Kabupaten Kepulauan Talaud dapat mengambil bagian dalam penanaman bibit Mangrove di seluruh wilayah pantai Talaud.

"Harapan saya, kedepan seluruh masyarakat Talaud juga mengambil andil dan menanam Mangrove sebanyak-banyaknya untuk menyelamatkan lingkungan kita demi masa depan anak cucu kita," tutup Palaksa.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, unsur TNI-Polri, Pejabat lingkup Pemda Kepulauan Talaud, Kepala Desa Kiama Induk, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Kepala Sekolah serta Siwa-Siswi Sekolah SMA dan SMK di Melonguane, Paramuka Saka Bahari Binaan Lanal Melonguane serta unsur Masyarakat.

Penulis : FN 
Editor : Redaksi Sulut24