Diprediksi Empat Kontestan, Perebutan Orang Nomor Satu Di Tanah Tonsea Minut Bakal Sengit - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

 

Advertisement



Diprediksi Empat Kontestan, Perebutan Orang Nomor Satu Di Tanah Tonsea Minut Bakal Sengit


Sekretaris GMBI Wilter Sulut Dave Lolowang

Sulut24.com - Minahasa Utara, Pertarungan perebutan posisi orang nomor satu di Tanah Tonse Minahasa Utara (Minut) diprediksi akan berlangsung cukup sengit, alot dan panas.

Hal tersebut disampaikan oleh
Sekretaris Gerakan Masyrakat Bawah Indonesia (GMBI) Wilter Sulut Dave Lolowang. Ia mengatakan, diprediksi Pilkada Minut bakal diikuti oleh empat pasangan calon. Tambahnya prediksi tersebut berdasarkan selebaran perolehan kursi parpol di DPRD Minut hasil Pileg 2019.

"Parpol atau koalisi parpol minimal harus memiliki 20 persen perolehan kursi untuk bisa mengusung calon," ucapnya, Sabtu (25/1/2020) siang.

"Dari 30 Kursi DPRD Minut, parpol yang memenuhi syarat suara 20 persen untuk mengusung pasangan calon tanpa koalisi, hanya PDI Perjuangan dengan mendapat jatah  9 kursi," tambah Lolowang

Untuk partai Nasden, Lolowang mengatakan Nasdem tidak bisa mengusung calon bupati tanpa melakukan koalisi, karena tidak mencapai kuota 20 persen.

Lolowang yang juga aktivis pemerhati Politik Minut ini menjelaskan hasil Pileg DPRD Minut Tahun 2019, PDIP memenangi (9) kursi, Nasdem (5), Golkar (4),  Demokrat (4) Gerindra (2)  dan sisa kursi Hanura, PKPI, PKB, PAN,  PBB dan Perindo, masing-masing mendapatkan jatah (1) kursi.

"Partai Nasdem kemungkinan besar akan berkoalisi dengan PKB, PBB dan PAN, yang bakal mengusung Pasangan Calon  SGR - Sarhan Antili, sedangkan di PDI Perjuangan ada nama Joune Ganda dan Cavin Lotulong,  yang menjadi kans kuat untuk maju dari Partai yang berlambang banteng moncong putih ini,"  ungkap Lolowang.

Tambahnya, bila melihat sisa kursi PDIP (9) dan Koalisi Nasdem, PKB, PAN, dan PBB (8)  total menjadi 17 kursi, maka masih ada sisa 13 kursi dan ini bisa mengusung dua calon lagi, dengan ketentuan ada dua koalisi yang harus memiliki masing-masing 6 kursi.

"Masih ada Partai Golkar, Partai Demokrat, Gerindra, Hanura, PKPI, dan Perindo yang bisa berkoalisi mengusung pasangan calon bupati dan wakil bupati," ujar Lolowang.

Lolowang mengatakan para bakal calon bupati dan wakil bupati yang ingin maju dalam Pilkada Minut, yang bisa menggunakan kendaraan Politik yakni ada Ramoy Markus Luntungan (RML), Joppy Lengkong, Erol Dungus, Denny Wowiling, Stendy S. Rondonuwu,  Fransisca Tuwaidan dan Denny Sompie.

 Sedangkan jalur perseorangan ada nama mantan bupati Minut Sompie Singal dan Kiki Sompotan," tuturnya.

Dari hasil analisa, Lolowang mengatakan Nasdem dan PDI Perjuangan saat ini masih menjadj jawara dan bersaing ketat, untuk merebut posisi orang nomor satu di Tanah Tonsea Minut.

"PDI Perjuangan yang bakal mengusung Joune Ganda - Cavin Lotulong akan bersaing ketat dangan Koalisi Nasdem yang bakal mengusung SGR - SAH," jelas Lolowang
(Joyke)


Advertisement





 

Advertisement