Jelang Pilwako, DPD PAN Kota Manado Dan Tiga Partai Lainnya Sepakat Koalisi - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Jelang Pilwako, DPD PAN Kota Manado Dan Tiga Partai Lainnya Sepakat Koalisi


Ketua DPD Partai Amanat Nasional Kota Manado Bobby Daud

Sulut24.com - Manado, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Manado akan memilih figur terbaik untuk diusung dalam perhelatan pemilihan Walikota Manado mendatang baik untuk menjadi calon Walikota atau calon Wakil Walikota.

Hal tersebut disampaikan oleh ketua DPD PAN Kota Manado Bobby Daud saat diwawancarai media ini pada Senin (3/2/2020) di Swiss-Belhotel Maleosan Manado.

Dalam menjaring fugur, secara tegas ketua Bobby Daud mengatakan bahwa DPD PAN Kota Manado tidak berpatok pada figur kader yang ada di partai, namun PAN juga membuka peluang kepada figur-figur diluar partai.

"PAN tidak ada keinginan yang harus diprioritaskan adalah kader, PAN ini punya hitung-hitungan," ucapnya.

Terkait figur yang nantinya akan keluar sebagai calon yang akan diusung, Bobby Daud mengatakan bahwa pihaknya telah mengumpulkan data dari berbagai sumber seperti survey dari lembaga survey, LSM, partai politik serta internal PAN sendiri untuk kemudian menjadi bahan pertimbangan untuk menyaring fugur yang diinginkan oleh masyarakat dan kemudian akan diusung oleh PAN.

"Hasil survey itu akan menjadi referensi PAN nantinya akan mengarah kemana," tandas ketua DPD PAN Kota Manado.

Menurut Bobby Daud saat ini tim Pilkada PAN Kota Manado masih bekerja untuk menghasilkan nama-nama fugur yang akan direkomendasikan ke DPD untuk diplenokan dan kemudian diusulkan ke Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional untuk mendapatkan SK dukungan.

"Saat ini kerja-kerja tahapannya sudah mencapai 60 persen," tutur Bobby Daud.

Terkait koalisi jelang Pilwako Bobby Daud mengatakan saat ini PAN bersama tiga partai lainnya yaitu Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Bulan Bintang (PBB) telah menyatakan sikap untuk bergabung dan berkoalisi dalam perhelatan Pilwako mendatang.

"Setelah ada penetapan dari KPU kemungkinan kita akan melakukan deklarasi bersama untuk memberikan dukungan sesuai dengan apa yang diharapkan oleh koalisi keumatan," tuturnya.

Namun tambahnya, keempat partai tersebut harus melakukan koalisi dengan partai lain agar bisa memenuhi syarat untuk mengusung pasangan calon nantinya.

"Dalam koalisi keumatan ini hanya dua partai yang mempunyai hak untuk mengusung yaitu PAN 4 kursi di DPRD Kota Manado dan PKS 2 kusi sedangkan PPP dan PBB belum mendapat kursi," tuturnya.

"Terkait papan dua atau papan satu, tinggal kita lihat partai-partai yang berbasis nasionalis yang ingin bergabung dengan kita kita akan duduk bersama untuk menentukan siapa yang akan menjadi papan satu atau papan dua," tambahnya.
(Fn)