Pangellu Resmi Buka Kegiatan Bimtek SDM Panwascam se- Minut - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Pangellu Resmi Buka Kegiatan Bimtek SDM Panwascam se- Minut


Salah Satu Komisioner Bawaslu Sulut Supriyadi Pangellu SH

Sulut24.com - Minahasa Utara, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Minahasa Utara selama tiga hari berturut - turut  menggelar Bimbingan Teknis (Bintek) Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) pada Panwascam Minut mulai Senin (17/2/2020) sampai dengan Rabu (19/2/2020) yang bertempat di Hotel Sutan Raja Maumbi Airmadidi.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh salah satu Pimpinan Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara Supriyadi Pangellu SH, yang didampingi Ketua Bawaslu Minut  Simon Awuy, Koordinator Divisi Hukum, Penindakan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (HP3S) Rocky Ambar serta Koordinator Divisi Pengawasan, Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga (PHH) Rahman Ismail SH.

Salah satu Anggota Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara Supriyadi Pangellu SH  dalam sambutan menyampaikan, bahwa dalam menghadapi Pemilihan kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 ini, pihaknya melaksanakan Bimbingan Teknis sebagai upaya peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) untuk lembaga dibawah Bawaslu yakni Panwascam.

Tambahnya Bimbingan Teknis tersebut bertujuan untuk memperkuat dan mendalami pemahaman Panwascam terhadap pengawasan pada Pilkada.

”Kegiatan Bimtek ini untuk meningkatkan kapasitas SDM Panwas Kecamatan sebagai modal dalam memastikan pemilu yang berkepastian hukum” ungkap Pangellu.

Salah Satu Anggota Komisioner Bawaslu Sulut Supriyadi Pangellu SH , Bersama Ketua Bawas Minut Simon Awuy, Koordinator Divisi Hukum, Penindakan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (HP3S) Rocky Ambar serta Koordinator Divisi Pengawasan, Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga (PHH) Rahman Ismail SH.

Sementara itu Koordinator Divisi Pengawasan, Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga (PHH) Rahman Ismail SH mengatakan tugas pengawasan terhadap pelaksanaan pilkada yang tidak lama lagi akan memasuki tahapan merupakan tugas dan tanggung jawab Panwascam dan Bawaslu.

"Oleh karena itu Bawaslu sebagai institusi penyelenggara dan pengawasan harus mampu mendalami semua dinamika yang terus berkembang," tuturnya.

Lanjut Rahmah Ismail pengawasan terhadap penyelenggaraan pilkada sangat diperlukan dan hal penting yang harus diperhatikan dan ditanamkan dalam jiwa adalah integritas dan komitmen Panwascam serta Bawaslu yang terus akan diuji selama proses demokrasi berlangsung.

Dibagian lain Ketua Bawaslu Minut Simon Awuy yang didampingi Koordinator Divisi Hukum, Penindakan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (HP3S) Rocky Ambar berharap Panwascam agar dapat terus meningkatkan langkah pengawasan. Sebab Pasca dilantik dan diambil sumpah jabatan, maka tugas sebagai abdi negara harus ditujukan kepada bangsa dan negara pula.

“Pilkada ini harus independen dan berintegritas serta berkepastian hukum, hal ini menjadi tantangan tersendiri. Ini merupakan tugas kita semua dari pihak Bawaslu dalam melaksanakan pengawasan pemilu yang independen dan berintegritas " tutup Ambar.
(Joyke)