7 Orang Peserta Ijtima Ulama Asal Sulawesi Utara Reaktif Sars Cov-2 - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

7 Orang Peserta Ijtima Ulama Asal Sulawesi Utara Reaktif Sars Cov-2



Juru Bicara Satgas Covid-19 Sulawesi Utara dr. Steaven Dandel


Sulut24.com - Manado, 7 orang warga Sulawesi Utara asal peserta Ijtima Ulama di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel) dinyatakan reaktif Virus Sars Cov-2.

Hal tersebut disampaikan oleh juru bicara Satgas Covid-19 Sulawesi Utara dr. Steaven Dandel dalam vidio conference pada Selasa (14/4/2020).

Namun menurutnya walaupun reaktif, ketujuh orang tersebut belum dinyatakan positif karena harus dilakukan pemeriksaan lanjutan yaitu pemeriksaan swab

"Reaktif bukan berarti positif Covid-19, reaktif itu mengindikasikan didalam tubuh yang bersangkutan terdapat anti body terhadap Virus Sars Cov-2," jelas jubir Satgas.

"Apakah mereka positif atau tidak, tentunya ada pemeriksaan tambahan yaitu pemeriksaan swab," lanjutnya.

Tambahnya, kepada tujuh orang tersebut telah dilakukan pemeriksaan swab di RSUD Pobundayan Kotamobagu dan saat ini tinggal menunggu hasil swab tersebut.

Diketahui selain di Bolaang Mongondow dan Kotamobagu, peserta Ijtima Ulama dari Sulawesi Utara juga tersebar di beberapa daerah yaitu Manado, Bolaang Mongondow Timur, Sangihe dan Bitung.

Menurut dr. Dandel, saat ini para peserta Ijtima Ulama tersebut sudah dalam pemantauan satgas di daerah masing-masing.

Terkait perkembangan Covid-19 di Sulawesi Utara, saat ini ada 276 orang yang masuk kategori ODP dan untuk PDP yang sedang di rawat ada 40 orang yang terdiri dari RSUP. Prof. Kandou 22 orang, RSU. Bhayangkara 2 orang, RSUD Anugerah Tomohon 6 orang, RSU Wolter Mongisidi Teling 2 orang, RSUD  Sam Ratulangi Tondano 3 orang, RSUD Liunkendage Sangihe 1 orang, RSUD Pobundayan Kotamubagu 1 orang, RSUD Walanda Maramis 2 orang serta RSUD Bolaang Mongondow Utara 1 orang.

Sedangkan untuk kasus positif Covid-19 Sulawesi Utara belum mengalami penambahan yaitu tetap 17 orang.
(Fn)