Danlanud Sam Ratulangi Serah Terimakan Ribuan APD dan Masker Untuk Tim Medis Sulut - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Danlanud Sam Ratulangi Serah Terimakan Ribuan APD dan Masker Untuk Tim Medis Sulut


Danlanud Sam Ratulangi Kolonel Pnb Johnny Sumaryana dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara dr. Debie Kalalo saat menandatangani berita acara serah terima bantuan.

Sulut24.com - Manado, Komandan Lanud Sam Ratulangi Kolonel Pnb Johnny Sumaryana melakukan serah terima bantuan dari pemerintah pusat untuk Provinsi Sulawesi Utara guna penanganan wabah Virus Corona (Covid-19) di wilayah Provinsi Sulawesi Utara.

Bantuan yang diterima oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara dr. Debie Kalalo tersebut berupa alat kesehatan medis, yaitu Alat Pelindung Diri (APD) sejumlah 80 koli diperkirakan jumlahnya sebanyak 4.000 dan Masker 10 koli dan diperkirakan jumlahnya sebanyak 20.000 buah.

Pada kesempatan tersebut Komandan Lanud Sam Ratulangi Kolonel Pnb Johnny Sumaryana mengatakan bahwa bantuan tersebut merupakan bantuan kedua yang diangkut menggunakan pesawat TNI AU.

"Bantuan ini sudah yang kedua kalinya, yang pertama menggunakan pesawat TNI AU CN-295 A-2907 dari Skadron Udara 2 Lanud Halim, untuk yang saat ini menggunakan Hercules C-130 A-1316 dari Skadron Udara 32 Lanud Abd Saleh Malang," ucap Danlanud, Minggu (5/4/2020).

Tambahnya TNI AU melalui Lanud Sam Ratulangi mendukung pemerintah dalam percepatan penanggulangan dan memutus mata rantai penyebaran wabah Covid-19.

"Kami membantu mendistribusikan Alat Pelindung Diri dan Masker yang digunakan untuk keperluan para tenaga medis dalam menangani dan merawat pasien yang terpapar Covid 19," kata Danlanud.

Diketahui bantuan alat kesehatan tersebut di angkut dari Halim Perdana Kusuma menggunakan pesawat TNI AU Hercules C-130 A-1316 dari Skadron Udara 32 Lanud Abd Saleh Malang.

Setelah tiba di Lanud Sam Ratulangi, seluruh Crew pesawat langsung mendapatkan pemeriksaan kesehatan dan pengecekan suhu tubuh.

Selain itu, seluruh barang yang diturunkan dari pesawat juga disemprot dengan cairan Disinfektan agar tetap steril.
(Fn)