Status ODP Sangihe Meningkat Jadi PDP, Thungari: Mengalami Gejala Covid -19 - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

 

Advertisement



Status ODP Sangihe Meningkat Jadi PDP, Thungari: Mengalami Gejala Covid -19


Juru bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Kepuluan Sangihe dr. Joppy Thungari

Sulut24.com - Tahuna, Warga Kauhis Kecamatan Manganitu Sebelumnya berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) namun sesuai hasil pemeriksaan tim ahli Dokter RSUD Liungkendage ditetapkan menjadi Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Senin, (13/4/2020).

Juru bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Kepuluan Sangihe dr. Joppy Thungari menyatakan, pagi statusnya masih ODP namun setelah dilakukan pemeriksaan lanjut oleh tim dokter ahli RSUD Liungkendage hasilnya menunjukan gejala Covid-19.

”Sudah ditingkatkan ke PDP, ini semua setelah dari hasil pemeriksaan tim dokter ahli," terang Thungari

Dikatakannya, pasien laki – laki umur (50) tersebut sesuai riwayat perjalanannya datang dari Manado ke Sangihe dan awalnya melakukan isolasi mandiri di rumahnya.

”Pasien tersebut sudah melakukan Isolasi mandiri, Sabtu (11/4), namun selang dua hari diperiksa menunjukan gejala Covid 19 seperti sesak nafas, dan langsung menandatangi Rumah Sakit untuk melakukan pemeriksaan,” ulasnya

Dinyatakan Thungari, pihak medis telah mengambil langkah sesuai prosedur tetap (Protap) untuk penanganan pasien dengan gejala Covid-19. Sambil menunggu hasil sampel yang sudah dikirim ke Satgas Covid-19 provinsi.

“Pasien saat ini, dalam perawatan di ruang isolasi dan sudah diambil sampel cairan tenggorokan dan dikirim dengan kapal cepat tadi pagi. Tinggal menunggu hasil 1 minggu kedepan positif atau negatif,” tambahnya.

Thungari yang juga Kadis Kesehatan Kabupaten Sangihe ini Meminta agar masyarakat jangan panik karna ini, baru PDP dan belum tentu Positif Covid 19, dan yang terpenting taat kepada anjuran pemerintah, jaga jarak dan selalu cuci tangan. "Mari bersama-sama lawan penyebaran Covid-19, dengan melakukan anjuran Pemerintah," tutupnya.
(Tim)


Advertisement





 

Advertisement