Di Manado Penjangkitan Transmisi Lokal Covid-19 Masih Terus Berlangsung - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Di Manado Penjangkitan Transmisi Lokal Covid-19 Masih Terus Berlangsung

 Juru bicara Satgas Covid-19 Sulawesi Utara dr. Steaven Dandel
(Foto: Pemprov Sulut/Youtube.com)

Sulut24.com - Manado, Pasien terkonfirmasi positif virus Corona (Covid-19) di Sulawesi Utara pada Sabtu (16/5/2020) kembali mengalami penambahan kasus baru.

Berdasarkan keterangan dari juru bicara Satgas Covid-19 Sulawesi Utara dr. Steaven Dandel pasien terkonfirmasi positif bertambah 9 orang.

Secara rinci dr. Dandel memaparkan bahwa pasien ke 106 adalah Laki-laki berumur 46 tahun asal Kota Manado, pasien ke 107 adalah Laki-laki umur 49 tahun asal Kota Manado, pasien ke 108 adalah Laki-laki berumur 30 tahun asal Kota Manado, pasien ke 109 adalah Laki-laki 42 tahun asal Kota Manado, sedangkan pasien ke 110 adalah Laki-laki berumur 24 tahun juga dari Kota Manado.

Menurut jubir Covid-19 Sulawesi Utara kelima pasien terkonformasi positif tersebut adalah tenaga kesehatan di Kota Manado yang saat ini menjadi klaster Faskes B penyebaran Covid-19.

Lanjutnya, pasien ke 111 adalah Laki-laki berumur 35 tahun asal Minahasa Utara dan pasien tersebut  tidak memiliki riwayat perjalanan kemanapun dan tidak ada riwayat kontak dengan pasien terkonfirmasi positif. Pasien ke 112 adalah Laki-laki umur 28 tahun asal dari Kota Manado, dan merupakan kontak erat resiko tinggi dari pasien 46 yang merupakan bagian dari klaster pasar Pinasungkulan.

Untuk pasien ke 113 adalah Laki-laki umur 28 tahun asal Minahasa Utara dan tidak ada riwayat perjalanan dari manapun. Sedangkan untuk pasien ke 114 adalah Laki-laki berumur 30 tahun asal Kota Manado dan pasien tersebut tidak memiliki riwayat perjalanan dari manapun.

Dengan penambahan 9 kasus baru pasien terkonformasi tersebut, secara keseluruhan pasien terkonfirmasi positif menjadi 114 orang dengan rincian pasien sembuh 31 orang, pasien dalam perawatan adalah 77 orang dan pasien meninggal 6 orang.

Dengan adanya penambahan kasus baru tersebut Jubir Covid Sulut mengatakan bahwa penjangkitan transmisi lokal di Kota Manado masih terus terjadi.

"Dari data yang sudah kami sampaikan melalui press conference malam ini dan dari beberapa hari, sebenanrnya sudah bisa dimaknai bahwa penjangkitan transmisi lokal yang terjadi di Kota Manado itu terus berlangsung," jelasnya.

Menurutnya perlu tindakan, intervensi dan disiplin yang teramat tinggi dari semua pihak untuk mematuhi protokol yang sudah dikeluarkan oleh pemerintah pusat, provinsi dan pemerintah kota Manado.
(Fn)