Jubir Covid-19 Sulut: Jangan Lengah, Pandemi Masih Berlangsung, Penjangkitan Covid-19 Masih Terus Terjadi - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

 

Advertisement



Jubir Covid-19 Sulut: Jangan Lengah, Pandemi Masih Berlangsung, Penjangkitan Covid-19 Masih Terus Terjadi


Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sulawesi Utara dr. Steaven Dandel


Sulut24.com – Manado, Setelah 7 hari tidak ada penambahan kasus positif Covid-19 di Sulawesi Utara, kini kasus positif baru kembali terkonfirmasi. Hal tersebut disampaikan oleh Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sulawesi Utara dr. Steaven Dandel.

“Setelah 7 hari kita mengalami pertumbuhan grafik yang flat, hari ini terkonfirmasi ada dua kasus positif,” jelasnya.

Ia menambahkan kasus 46 adalah seorang laki-laki usia 52 tahun asal Manado dan merupakan kontak erat resiko tinggi dari kasus 41 yang sudah meninggal dunia pada tanggal 30 April 2020.

Sedangkan kasus 47 adalah laki-laki usia 34 tahun asal Kota Kotamobagu. Jubir Covid mengatakan pasien tersebut adalah bagian dari klaster pelaku perjalanan dari acara keagamaan di Sulawesi Selatan.

"Klaster Gowa Makasar totalnya ada 8 kasus dengan rincian 7 pasien di Kota Kotamobagu dan 1 pasien di Kabupaten Kepulauan Sangihe,” tuturnya, Jumat (8/5/2020). 

dr. Dandel mengatakan hasil swab kedua pasein tersebut merupakan hasil pemeriksaan di Laboratorium Balai Besar Laboratorium Makasar dan Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Kelas I Manado (BTKLPP).

 “Untuk pertama kalinya laboratorium BTKLPP berhasil mendeteksi pasien terkonfirmasi positif,” kata Dandel.

Selain itu, pada kesempatan tersebut dr. Dandel juga mengatakan bahwa saat ini ada 6 kasus yang masih di verifikasi dan potensial menjadi kasus terkonfirmasi positif baru.

“Kami juga mau sampaikan disini, walaupun ini belum terkonfirmasi, tapi saat ini ada 6 kasus yang sementara di verifikasi oleh tim di BTKLPP maupun di kementrian kesehatan dan kemungkinan besar akan menjadi kasus tambahan di Sulawesi Utara,” jelas dr. Dandel.

“Ini kami sampaikan sedini mungkin agar masyarakat lebih taat terhadap himbauan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah,” lanjutnya.

Untuk itu Juru Bicara Covid-19 Sulawesi Utara kembali mengingatkan masyarakat agar tidak lengah dan kemudian melonggarkan Physical distancing dan Social distancing.

“Selalu siap siaga, jangan dulu lengah, jangan dulu menganggap bahwa masalah ini telah selesai. Pademi masih tetap berlangsung, transmisi penjangkitan penyakit masih terus terjadi,” jelas dr. Dandel.  
(Fn)


Advertisement





 

Advertisement