Rakyat Belum Disiplin Ikut Protokol Kesehatan, JK: Orang Akan Disiplin Kalau Kebutuhannya Dijamin - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Rakyat Belum Disiplin Ikut Protokol Kesehatan, JK: Orang Akan Disiplin Kalau Kebutuhannya Dijamin

 Jusuf Kalla (JK)
(Foto: Istimewa)

Sulut24.com - Jakarta, Masyarakat bisa disiplin mengikuti protokol kesehatan pencegahan virus corona jika kebutuhan mereka dijamin pemerintah. Penegasan ini disampaikan Mantam Wapres Jusuf Kalla (JK), saat webinar yang diadakan oleh Universitas Indonesia: "Segitiga Virus Corona".

"Orang akan disiplin kalau kebutuhannya dijamin," kata JK.

Untuk itu, JK meminta agar pemerintah segera memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT), terutama kepada warga terdampak wabah Corona.

"Karena itu butuh BLT segera, orang yang tidak bekerja, orang mendapat bisa makan dan sebagainya," sebut JK.

Menurut JK, dalam memberlakukan disiplin selama PSBB tidak hanya soal sanksi. Dia menegaskan, kecukupan kebutuhan masyarakat juga harus dipenuhi

Dia juga menyarankan lebih baik pemerintah memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) ke masyarakat di masa pandemi Covid-19 saat ini.

"Dalam situasi seperti ini, masalahnya apa? Orang daya belinya menurun, maka harus ditingkatkan daya belinya," kata JK.

Dengan memberikan BLT, maka semua lini masyarakat akan hidup. "Dengan bantuan langsung tunai, cash. Supaya dia membeli sesuatu. Kalau BLT, di wilayah bersangkutan bisa hidup. Membeli beras di warung-warung sana, membeli mungkin ikan, membeli apa," ungkap JK.

Ketua Umum Palang Merah Indonesia ini menuturkan, jika diberikan sembako, belum tentu orang membutuhkan atau kebutuhannya tidak sama.
(Tim-red)

Sumber Merdeka.com