Tiba Di Pelabuhan Manado, Seluruh Penumpang KM. Permata Obi Langsung Dibawa Ke Rumah Singgah - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Tiba Di Pelabuhan Manado, Seluruh Penumpang KM. Permata Obi Langsung Dibawa Ke Rumah Singgah


Salah seorang petugas BPBD Provinsi Sulawesi Utara dengan menuggunakan APD bersiap untuk menjeput penumpang KM. Permata Obi
(Foto: Sulut24/Fanly)

 Sulut24.com – Manado, Setelah sempat tertahan di pelabuhan Ternate, akhirnya KM. Permata Obi yang mengangkut 55 penumpang warga Sulut tiba di pelabuhan Manado pada Selasa (12/5/2020).

Setiba di pelabuhan, para penumpang secara bergantian langsung dicek suhu tubuh dan disemprot cairan desinfektan. Setelah itu seluruh penumpang langsung dibawa ke rumah singga, dan nantinya akan dilakukan rapid test untuk memastikan apakah para penumpang tersebut bebas dari Covid atau ada yang terindikasi terjangkit Covid-19.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Manado Capt Mosez Imanuel Karaeng mengatakan bahwa penjemputan tersebut merupakan hal yang biasa namun karena adanya Pandemi Covid-19 jadi ada peosedur yang harus dijalankan.

ADVERTISEMENT


“Yang datang ini saudara kita, bukan orang-orangnya tapi penyakitnya yang kita cegah, kita harus memiliki pandangan yang manusiawi,” tuturnya.

Ia mengatakan bahwa seluruh penumpang yang datang dengan menggunakan kapal Permata Obi sebelumnya telah menjalani pemeriksaan termasuk dokumen yang menyangkut kesehatan para penumpang.

Proses sterilisasi penumpang yang baru turun dari atas Kapal KM. Permata Obi
(Foto: Sulut24/Fanly) 

“Pada waktu berangkat mereka sudah diperiksa, kalau tidak ada mereka tidak bisa naik ke atas kapal,” kata Capt Mosez Imanuel Karaeng.

Lebih lanjut terkait ketersediaan angkutan untuk masyarakat, KSOP mengatakan bahwa pihaknya akan mestikan ketersediaan angkutan, namun menurut KSOP ada prosedur ketat yang harus diterapkan.

“Dari angkutan, kita harus memastikan selalu akan tersedia tetapi harus memenuhi persyaratan yang sangat ketat,” tandas KSOP Manado.

Terpantau, setelah prosedur penanganan penumpang KM. Permata Obi selesai, tim satgas juga melakukan rapid test terhadap seluruh awak kapal KM. Permata Obi untuk memastikan kondisi kesehatan para awak kapal tersebut. 
(Fn)