Kontribusi Laboratorium PCR Swasta Ringankan Beban BTKLPP dan Balai POM - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Kontribusi Laboratorium PCR Swasta Ringankan Beban BTKLPP dan Balai POM

Ilustrasi Petugas Laboratorium
(Foto via beritasatu.com)
Sulut24.com - Manado, Saat ini laboratorium PCR milik swasta juga turut membantu dalam pemeriksaan sampel swab dari pasien-pasien yang terindikasi terjangkit Covid-19 di Sulawesi Utara.

Menurut Jubir Satgas Covid-19 Sulawesi Utara dr. Steaven Dandel, data yang disampaikan kepada Satgas Covid-19 Sulut sudah ada 385 sampel telah diambil dari tanggal 20 Mei samapai dengan tanggal 18 Juni 2020.

Manurutnya dari data tersebut 235 dinyatakan negatif dan 93 positif.

"235 negatif 93 positif, tetapi sebagian juga adalah pasien-pasien yang ada di rumah sakit yang sudah diumumkan," jelasnya, Minggu (21/6/2020).

Dia mengatakan kontribusi dari
laboratorium swasta tersebut akan meringankan beban laboratorium PCR yang ada di Balai Tekinik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Kelas 1 Manado (BTKLPP) maupun yang ada di balai Pengawas Obat dan Makanan (POM).

Lanjutnya, saat ini sudah ada sekitar 9000 sampel yang diterima oleh dua laboratorium tersebut, dan sekitar 6000 sampel yang hasilnya sudah keluar lalu ada sekitar 2000 sampel yang masih menunggu hasil.

Dandel berharap rencana peningkatan laboratorium PCR di Provinsi Sulawesi Utara dapat terealisasi secepatnya.

"Kita berharap kedepan sistemnya akan makin sempurna tidak ada lagi sampel yang harus menunggu dalam jangka waktu yang lebih lama, sehingga kepentingan surveilence kedepan lebih diutamakan," kata dr. Dandel.
(Fn)