Pilkada Sulut 2020, Jumlah Kursi Nasdem dan PDIP Layak Usung Cagub Sulut - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Pilkada Sulut 2020, Jumlah Kursi Nasdem dan PDIP Layak Usung Cagub Sulut

 Ketua GEBRAK Minut Willam Luntungan
(Istimewa)

Sulut24.com - Sulut,  Pemilihan Kepala Daerah di Bumi Nyiur Melambai, diprediksi bakal hanya diikuti tiga kontestan  pasangan calon, yang nantinya akan bertarung pada helatan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara pada 19 Desember 2020 mendatang.

Hitungan kuota kursi layak usung yang diperkirakan oleh sejumlah Polotisi daerah ini, diantaranya William Luntungan yang juga ketua Gerakan Bela Rakyat (Gebrak) Minut memprediksi ini berdasarkan sebaran perolehan kursi parpol di DPRD Sulut hasil Pileg 2019. Diketahui Sesusi aturan  syarat ambang batas pencalonan kepala daerah dalam Pasal 40 ayat (1) UU No. 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota (UU Pilkada). syarat ambang batas pencalonan kepala daerah sedikitnya 20 persen jumlah kursi DPRD atau 15 persen akumulasi suara sah.

"Dari 45 kursi DPRD Sulut, parpol yang memenuhi syarat suara 20 persen, untuk mengusung pasangan calon tanpa koalisi, hanya PDI Perjuangan dan Partai Nasdem, hal ini di lihat dari perolehan  jumlah kursi minimal sembilan kursi dapat mengusung pasangan calon,"  ujar Luntungan, Senin (8/6/2020).

Luntungan yang juga Aktivis Minut ini menegaskan hasil Pileg DPRD Sulut 2019, PDIP memenangi 18 kursi, Nasdem (9), Golkar (7), dan Demokrat (4). Gerindra dan PAN masing-masing 2 kursi. PKB, PKS dan PSI masing-masing 1 kursi.

Sisa kursi yang ada di luar PDIP dan Nasdem yakni 18 kursi. Partai yang lain harus koalisi mengusung calon.

Dari jumlah kursi ini, bisa diusung dua calon lagi dengan ketentuan ada dua koalisi yang harus memiliki masing-masing 9 kursi.

Tapi itu hitung-hitungan matematis, di lapangan dinamika politiknya berbeda.

Sementara itu Bakal Calon Gubernur Sulut , yang nantinya akan bertarung dalam Pilgub nanti. Menurut Luntungan saat ini baru  Olly Dondokambey dan Steven Oktavian Kandouw yang mendapatkan ticket untuk maju dalam Pilkada Sulut. Sedangan Nasdem saat ini belum menentukan pilihannya siapa yang paling siap dan layak, untuk bertarung dalam Pilkada Sulut nanti.

Namun lingkaran partai Nasdem sendiri ,  yang mengkristal saat ini baru DR. Vonnie Anneke Panambunan (VAP)

 "Untuk Partai Nasdem sendiri,  yang mengkristal saat ini baru VAP selain VAP ada nama E2L dan Vicky Lumentut, sedangkan Partai Golkar ada Tetty Paruntu dan PAN ada  Sehand Landjar, namun semuanya adalah kewenangan Pimpinan Partai Politik, siapa yang paling tepat untuk di usung dalam Pilgub nanti," ujar Luntungan yang dekat dengan para kuli tinta.

Dikatakannya Itu, dari jalur parpol, sedangkan untuk jalur perseorangan sampai saat ini belum jelas, dan belum ada figur yang bakal memanfaatkan jalur perseorangan tersebut.

"Sejauh ini belum mencuat calon yang coba memanfaatkan jalur ini dan parpol tetap masih jadi primadona sebagai kendaraan politik," pungkas Luntungan.
(Joyke)