Positif Covid-19 Sulut Bertambah 41, dr Dandel: Peningkatan yang Dramatis - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Positif Covid-19 Sulut Bertambah 41, dr Dandel: Peningkatan yang Dramatis

Situs informasi perkembangan Covid-19 Nasional
(Foto: pusatkrisis.kemenkes.go.id)
Sulut24.com - Manado, Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Provinsi Sulawesi Utara pada Selasa (9/6/2020) kembali mengalami penambahan.

Dilansir dari website pusatkrisis.kemenkes.go.id, hari ini pasien terkonfirmasi positif kembali bertambah 41 orang sehingga total akumulasi pasien positif menjadi 551 orang.

Sebelumnya dalam conferensi pers pada Senin (8/6) Juru Bicara Satgas Covid-19 Sulut menjelaskan alasan penambahan kasus positif Covid-19 di Sulut semakin banyak.

"Dalam satu minggu terakhir kita mengalami peningkatan kasus yang cukup signifikan, hal ini terjadi karena perluasan pemerinksaan kontak dan pressing yang masif," tutur Dandel.

Menurutnya saat ini Sulawesi Utara sudah telah memeriksa kurang lebih enam ribu sampel.

"Angka ini sudah meningkat kurang lebih dua kali lipat dari pada bulan yang terakhir, konsekuensi dari meningkatnya cakupan pemeriksaan sampel dan swab ini, maka kemudian bisa dilihat dari jumlah angka kasus positif yang setiap hari meningkat secara dramatis," tuturnya.

Tambah Dandel menambahkan walaupun angka positif terus bertambah banyak, hal tersebut bukan berarti pemerintah Sulawesi utara mengalami kendala dalam kegiatan pensnggulangan.

"Tapi justru ini memperlihatkan kekuatan jejaring Surveilence yang bangun selama ini," tandas Dandel.

"Selama kurang lebih satu bulan setengah kita berupaya meningkatkan kapasitas Surveilence dengan melatih petugas Surveilence dilapangan dan puskesmas dan Kabupaten/Kota, lalu membangun Laboratorium PCR yang ada di Sulawesi Utara, sekarang kita memetik hasil dari penguatan kapasitas Surveilence ini," lanjutnya.

Menurutnnya konsekuensi dari peningkatan sistem Surveilence yang makin mumpuni dan kapasitas Laboratorium yang makin meningkat adalah meningkatnya kasus secara drastis.

Lebih lanjut, Dandel menjelaskan bahwa bahwa 80 persen kasus yang diumumkan kepada masyarakat adalah kasus yang ringan "Sebagian kasus tanpa gejala," jelasnya.

Menurutnya kasus-kasus tersebut menjadi pintu masuk dari Gugus Tugas Covid-19 Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk pemeriksaan tim Surveilence yang kemudian disusul dengan perluasan pressing.

"Kita berharap disatu titik nanti, semua kasus yang terkonformasi positif bisa kita temukan, ketika kita bisa temukan maka kita bisa melakukan tindakan containment dan kemudian kita mampu dan berhasil menekan kasus ini perlahan-lahan," tandas Dandel.
(Fn)

Baca Juga : 
Data Keliru, Kasus Positif Sulut 18 Bukan 41, Begini Penjelasan Jubir Satgas