SaTaS Penentu Pemenang Cawali di Pilkada 2020 Kota Bitung - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

SaTaS Penentu Pemenang Cawali di Pilkada 2020 Kota Bitung

Ilustrasi
(Foto: via m.ayopurwakarta.com)
Sulut24.com - Manado, Diaspora Sangihe, Talaud dan Sitaro (SaTaS) merupakan konstituen penentu bagi calon walikota (Cawali) pada Pilkada serentak 2020 Kota Bitung, Sulawesi Utara.

"Calon pasangan yang dapat merangkul diaspora Sangihe, Talaud dan Sitaro pasti menjadi pemenang pada Pilkada serentak 2020 Kota Bitung," kata aktivis dan praktisi politik Sulut, Stenly Sendouw, Selasa (9/6/20) di Manado.

Menurut Stenly, saat ini diaspora masyarakat SaTaS di Bitung lebih dari 50 persen dalam daftar pemilih Kota Bitung. "Diaspora SaTaS sangat potensial di Bitung. Jika ada calon Walikota yang mendapat pasangan calon Wakil Walikota dari komunitas SaTaS, potensi menang sangat besar," sebut Sendouw.

Dia menyebut, diaspora SaTaS di Bitung tidak hanya terkonsentrasi di pusat kota melainkan menyebar di seluruh wilayah. Mulai dari Batu putih hingga ke pulau Lembeh dan di seantero pusat kota dari Pateten sampai sepanjang wilayah Girian yang berbatasan dengan Minahasa Utara.

Disinggung soal kekuatan etnis lain di Bitung, Sendouw tidak menampik. "Memang ada beberapa etnis yang berdomisili di Kota Bitung. Tapi etnis SaTaS paling besar di Bitung. Minahasa terbesar kedua dan cukup signifikan," jelasnya.
(Ag)