Bawaslu Sulut Himbau Masyarakat Lapor Jika Belum Dicoklit - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

 

Advertisement



Bawaslu Sulut Himbau Masyarakat Lapor Jika Belum Dicoklit

Komisioner Bawaslu Sulawesi Utara Koordinator Divisi Hukum, Humas, Data dan Informasi Supriyadi Pangellu
(Foto: Sulut24/Fn)
Sulut24.com - Manado, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Utara menghimbau kepada masyarakat yang belum dilakukan pencocokan dan penelitian (coklit) oleh petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) untuk segera melapor kepada jajaran pengawas Pemilu baik pengawas desa/kelurahan, pengawas kecamatan dan bahkan pengawas Kabupaten/Kota dan Provinsi.

Hal tersebut disampaikan oleh Komisioner Bawaslu Sulawesi Utara Koordinator Divisi Hukum, Humas, Data dan Informasi Supriyadi Pangellu.

"Ini penting untuk menjamin hak konstitusional warga negara," tuturnya, Selasa (4/8/2020).

Selain itu Pangellu juga menghimbau kepada seluruh jajaran pengawas Pemilu ditingkat desa/kelurahan yang melakukan pengawasan untuk benar-benar mendeteksi dan melakukan cek terhadap warga-warga yang belum dilakukan coklit.

"Apabila ada unsur kesengajaan, maka diminta kepada jajaran pengawas Pemilu untuk menggunakan kewenangan yang ada pada Bawaslu untuk memproses," tegas Pangellu.

Pangellu berujar bahwa menjamin dan melindungi hak konstitusional warga negara dalam pelaksanaan Pilkada merupakan hal yang sangat penting bagi Bawaslu.

"Ini penting bagi Bawaslu sebagai pengawas Pemilu untuk memastikan seluruh wajib pilih yang sesuai ketentuan perundang-undangan yang sudah mempunyai hak konstitusional untuk memilih, maka harus terdata dalam proses coklit yang telah dijadwalkan oleh KPU," tuturnya.

Selain itu Pangellu juga berharap agar KPU dan jajaran tidak mengabaikan hak konstitusional setiap warga yang telah memenuhi persyaratan sebagai pemilih, karena menurutnya hal tersebut sudah merupakan perintah Undang-undang dan harus dipatuhi.
(Fn)


Advertisement





 

Advertisement