Angka Kesembuhan Covid-19 di Sulut Capai 78,73 Persen - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Angka Kesembuhan Covid-19 di Sulut Capai 78,73 Persen

 

Grafik gabungan perkembangan Covid-19 di Provinsi Sulawesi Utara
(Gambar via Covid19.go.id)

Sulut24.com - Manado, Hingga saat ini sudah sebanyak 4.317 orang di wilayah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang dinyatakan positif Covid-19. Hal tersebut disampaikan oleh Satgas Covid-19 Provinsi Sulawesi Utara melalui siaran pers pada Senin (21/9/2020). 

Meski demikian angka kesembuhan pasien Covid-19 di Sulut juga terus meningkat. Hingga saat ini angka kesembuhan telah mencapai 78,73 persen atau sebanyak 3.399 pasien yang telah dinyatakan sembuh. 

Untuk kasus aktif atau pasien dalam perawatan, saat ini berada pada posisi 17,31 persen atau sebanyak 747 pasien yang sedang menjalani perawatan oleh tim medis.

Sedangkan untuk angka kematian (Case Fatality Rate) sampai saat ini ada diposisi 3,96 persen dengan jumlah kematian sebanyak 171 orang. 

Meski angka kesembuhan terbilang cukup tinggi namun penambahan kasus harian di wilayah Sulawesi Utara juga masih terus terjadi.

Pada Senin (21/9), pihak satgas mencatat terjadi penambahan 23 kasus baru. Dari 23 kasus tersebut Kota Manado menyumbang kasus terbanyak dengan 10 kasus lalu disusul Kabupaten Minahasa dengan 5 kasus, luar wilayah 5 kasus, kemudian Kota Tomohon 2 kasus dan terakhir Kota Bitung dengan 1 kasus. 

Selain itu, pada hari yang sama Satgas Covid-19 Sulut juga mencatat ada 28 pasien yang telah dinyatakan sembuh. 

28 pasien tersebut masing berasal dari Kota Manado sebanyak 18 pasien, Kabupaten Minahasa Utara 6 pasien Kabupaten Bolaang Mongondow 2 pasien, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan 1 pasien dan dari Kabupaten Kepulauan Talaud 1 pasien. 

Selain penambahan kasus baru dan kasus sembuh, pihak Satgas juga mengumumkan bahwa telah terjadi penambahan kasus pasien yang dinyatakan meninggal dunia yaitu pasien dengan nomor kasus 4262. 

Meski angka kesembuhan Covid-19 di wilayah Sulawesi Utara terbilang tinggi, namun secara nasional angka kesembuhan harian masih berada dibawah kasus terkonfirmasi positif per hari.

Hal tersebut dapat dilihat dari grafik gabungan antara kasus terkonfirmasi, sembuh dan meninggal yang dilansir dari situs Covid19.go.id

Grafik gabungan perkembangan Covid-19 di Indonesia
(Gambar via Covid19.go.id)

Masih dari situs yang sama juga, terpantau grafik pergerakan kasus terkonfirmasi positif per hari terus mengalami peningkatan. 

Grafik penambahan kasus harian Covid-19 di Indonesia 
(Gambar via Covid19.go.id)

Secara keseluruhan, kasus Covid-19 di Indonesia sampai saat ini sudah mencapai 248,852 dengan rincian kasus aktif atau pasien dalam perawatan sebanyak 58,378, kasus yang telah dinyatakan sembuh sebanyak 180,797 dan kasus yang dinyatakan meninggal dunia sebanyak 9,677. 

Berkaitan dengan penambahan kasus yang masih terus terjadi, pemerintah terus menghimbau masyarakat untuk selalu menaati protokol pencegahan Covid-19 yaitu memakai masker saat beraktivitas diluar rumah, rajin mencuci tangan, selalu menjaga kebersihan, menjaga jarak sosial, mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang dan juga berolahraga untuk tetap menjaga imunitas tubuh. 

(Fn)