Serukan Kampanye Ramah Lingkungan, Malonda: Jangan Paku Pohon - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

 

Advertisement



Serukan Kampanye Ramah Lingkungan, Malonda: Jangan Paku Pohon

Salah satu baliho pasangan calon yang dipasang di pepohonan (Foto: Sulut24/Fn)

Sulut24.com - Manado, Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Utara Herwyn J.H Malonda mengingatkan para calon Gubernur dan Bupati/Walikota, tim sukses pasangan calon serta simpatisan pasangan calon agar tidak memasang APK di pepohonan. 

"Mari kita wujudkan Kampanye Pemilihan yang ramah lingkungan yang salah satu agendanya tidak merusak pohon. APK dipasang jangan dipaku di pohon," ucap Malonda.  

Malonda menjelaskan bahwa paku yang ditancapkan ke pohon berpotensi sebagai pintu masuk bagi infeksi penyakit dan bakteri pada pohon.

"Pohon akan mengalami gangguan proses fisik dan biologis dalam tubuh pohon yang nantinya akan menggangu fisiologis tanaman dan mengurangi tekstur pada kayu. Kekuatan pohon akan berkurang karena pohon mudah terinfeksi penyakit jamur dan bakteri yang mengakibatkan pohon tidak lagi memiliki kekebalan dalam menanggulangi hama dan penyakit yang ada pada kulit pohon," ujarnya.  

Dia menambahkan dengan rusaknya kulit pohon maka akan mengakibatkan tameng pohon tidak ada lagi dalam upaya melindungi batang sebagai tempat yang sentral dan pertumbuhan pohon. 

"Keberadaan pohon di suatu wilayah memiliki manfaat dalam memperbaiki kualitas lingkungan dan meningkatkan kualitas udara. APK jangan dipasang menghalangi pohon melakukan proses fotosintesis, menyalurkan oksigen yang dibutuhkan manusia dan menghisap karbondioksida dari polusi kendaraan bermotor," tutur Malonda. 

"Ingatlah bahwa bumi ini bukan sekedar warisan nenek moyang kita namun milik anak cucu kita. Generasi selanjutnya berhak menikmati lingkungan yang baik dan sehat," pungkas Ketua Bawaslu Sulut. 

(Fn)


Advertisement





 

Advertisement